REORIENTASI VISI PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH (Implikasi Teori Kecerdasan Majemuk Gardner dalam Praktik Pembelajaran Matematika di Sekolah)
Jurnal Pendidikan Matematika (JPM)
View Archive InfoField | Value | |
Title |
REORIENTASI VISI PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH (Implikasi Teori Kecerdasan Majemuk Gardner dalam Praktik Pembelajaran Matematika di Sekolah)
|
|
Creator |
Fathani, Abdul Halim
|
|
Subject |
Pembelajaran, Matematika, Kecerdasan Majemuk, Keunikann Individu
|
|
Description |
Sejak peradaban manusia bermula, matematika memainkan peranan yang sangat vital dalam kehidupan sehari-hari. Di sisi lain, praktik pendidikan matematika di Indonesia masih memiliki tantangan untuk meningkatkan gairah (semangat dan motivasi) belajar matematika bagi siswa. Salah satu pendekatan humanis yang dapat diimplementasikan adalah menggunakan paradigma pembelajaran berdasarkan teori kecerdasan majemuk yang digagas Gardner. Penerapan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kecerdasan majemuk ini diharapkan siswa dapat belajar secara bermakna. Dengan kata lain, siswa dapat mempelajari matematika dengan mengoptimalkan potensi kecerdasan yang dimilikinya. Dengan mengoptimalkan gaya belajar yang dipengaruhi oleh tingkat kecerdasan majemuk, siswa dapat terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran matematika, siswa lebih dapat menunjukkan kelebihan dan keunikan yang dimilikinya sehingga siswa merasa lebih dihargai yang akhirnya dapat meningkatkan kepercayaan diri dan menimbulkan rasa tanggungjawab siswa dalam proses pembelajaran matematika.
|
|
Publisher |
Universitas Islam Malang
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2017-03-20
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jpm/article/view/200
10.33474/jpm.v2i1.200 |
|
Source |
Jurnal Pendidikan Matematika (JPM); Vol 2, No 1 (2016): Jurnal Pendidikan Matematika (JPM); 1-10
2656-4564 2442-4668 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jpm/article/view/200/247
|
|
Rights |
Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Matematika
|
|