Record Details

Pengaruh Metode Sorogan terhadap Kemampuan Membaca Kitab Kuning Santri Di Pondok Pesantren Mamba’ul Ulum

Al Ulya : Jurnal Pendidikan Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Pengaruh Metode Sorogan terhadap Kemampuan Membaca Kitab Kuning Santri Di Pondok Pesantren Mamba’ul Ulum
 
Creator Mukhlishotin
 
Subject Metode Sorogan, Membaca Kitab Kuning
 
Description Guna meningkatkan efektifitas santri, guru/ustadz harus selalu berupaya dengan berbagai strategi, termasuk diantaranya adalah dengan menggunakan metode sorogan. Metode pembelajaran pada dasarnya merupakan pengelolaan dan pengembangan yang dilakukan terhadap komponen-komponen pembelajaran. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah: a) Untuk mengetahui penerapan metode sorogan di Pondok Pesantren Mambaul Ulum, b) Untuk mengetahui kemampuan membaca kitab kuning santri Pondok Pesantren Mambaul Ulum, c) Untuk mengetahui pengaruh metode sorogan terhadap keberhasilan dalam membaca kitab kuning santri di Pondok Pesantren Mambaul Ulum.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa metode sorogan memiliki pengaruh yang baik terhadap kemampuan membaca kitab kuning santri pondok pesantren Mambaul Ulum Wadang Ngasem Bojonegoro. Hal ini terbukti dari pengisian angket metode sorogan yang dihasilkan dari 30 responden dengan nilai rata-rata (85) pada kategori sangat baik dan nilai rata-rata raport membaca kitab fathul qorib kelas 3 ula dan 1 wustho (79,5) juga tergolong baik. Selanjutnya, untuk mengetahui pengaruh metode sorogan terhadap kemampuan membaca kitab kuning santri di pondok pesantren Mambaul Ulum Wadang Bojonegoro dalam penelitian ini digunakan metode analisis statistic Product Moment dan hasil dari rumusan Product Moment dapat diketahui bahwa nilai r sebesar 0,523.
 
Publisher UNU Sunan Giri Bojonegoro
 
Date 2019-10-23
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.sunan-giri.ac.id/index.php/al-ulya/article/view/235
10.36840/ulya.v4i2.235
 
Source Al Ulya : Jurnal Pendidikan Islam; Vol. 4 No. 2 (2019): Oktober; 177-189
Al Ulya : Jurnal Pendidikan Islam; Vol 4 No 2 (2019): Oktober; 177-189
2597-6656
2540-8127
 
Language ind
 
Relation https://ejournal.sunan-giri.ac.id/index.php/al-ulya/article/view/235/202
 
Rights Copyright (c) 2019 Al Ulya