Implementasi Metode Pembelajaran Kooperatif Teknik Keliling Ruangan (Gallery Walk) pada Hasil Belajar Mata Pelajaran Aqidah Akhlak
Al Ulya : Jurnal Pendidikan Islam
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Implementasi Metode Pembelajaran Kooperatif Teknik Keliling Ruangan (Gallery Walk) pada Hasil Belajar Mata Pelajaran Aqidah Akhlak
|
|
Creator |
Fidayanti, Ela
|
|
Subject |
Kooperatif learning, hasil belajar, aqidah akhlaq.
|
|
Description |
Upaya guru dalam mencapai tujuan belajar Aqidah Akhlak pada bab akhlak terpuji dan akhlak tercela dapat ditempuh dengan menggunakan metode kooperatif teknik keliling ruangan (Gallery walk). Fokus penelitian masalah dalam skripsi ini adalah : 1. Bagaimana implementasi metode pembelajaran kooperatif teknik keliling ruangan (Gallery Walk) pada hasil belajar mata pelajaran aqidah akhlak kelas III MI Hidayatul Islam Mentoro? 2. Apa faktor pendukung dan penghambat penggunaan metode pembelajaran kooperatif teknik keliling ruangan (Gallery Walk) pada hasil belajar mata pelajaran aqidah akhlak kelas III MI Hidayatul Islam Mentoro? Adapun tujuan: 2. Untuk mengetahui bagaimana implementasi metode pembelajaran kooperatif teknik keliling ruangan (Gallery Walk) pada hasil belajar mata pelajaran aqidah akhlak kelas III MI Hidayatul Islam Mentoro.2. Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat penggunaan metode pembelajaran kooperatif teknik keliling ruangan (Gallery Walk) pada hasil belajar mata pelajaran aqidah akhlak kelas III MI Hidayatul Islam Mentoro. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Dalam pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi serta menggunakan analisis data reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Peneliti juga menggunakan pengecekan keabsahan data dengan menggunakan tringulasi dan member chek. Penggunaan metode kooperatif ini menjadikan siswa mampu bersinergi dalam proses pembelajaran dikelas serta menghargai dan mengapresiasi hasil belajar teman satu kelompoknya maupun teman lain kelompok. Serta siswa kelas III ini melakukan atau mengaktifkan fisik dan mental siswa selama proses belajar dan siswa kelas III rata-rata mampu menerima kritik dengan sikap positif. |
|
Publisher |
UNU Sunan Giri Bojonegoro
|
|
Date |
2019-10-23
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ejournal.sunan-giri.ac.id/index.php/al-ulya/article/view/233
10.36840/ulya.v4i2.233 |
|
Source |
Al Ulya : Jurnal Pendidikan Islam; Vol. 4 No. 2 (2019): Oktober; 156-165
Al Ulya : Jurnal Pendidikan Islam; Vol 4 No 2 (2019): Oktober; 156-165 2597-6656 2540-8127 |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
https://ejournal.sunan-giri.ac.id/index.php/al-ulya/article/view/233/198
|
|
Rights |
Copyright (c) 2019 Al Ulya
|
|