Record Details

Menumbuhkan Sikap Empati Melalui Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal pada Sekolah Berasrama

Al Ulya : Jurnal Pendidikan Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Menumbuhkan Sikap Empati Melalui Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal pada Sekolah Berasrama
 
Creator Fithriyana, Eshthih
 
Subject Sikap Empati
Pendidikan Karakter
Kearifan Lokal
 
Description Pendidikan merupakan sarana dalam upaya memanusiakan manusia. Pendidikan sarana transmisi dan transformasi ilmu pengetahuan dan nilai-nilai. Dalam menanamkan dan mengembangkan karakter Bangsa lembaga pendidikan memiliki peranan yang penting dalam peletakan dasar moral dan kepribadian. Sikap empati perlu untuk ditumbuhkan sebagai upaya pencegahan terhadap disintegrasi yang terjadi di Indonesia. Salah satu caranya adalah dengan meletakkan dasar pendidikan moral dan karakter. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis secara komprehensif tentang penanaman sikap empati melalui pendidikan karakter berbasis kearifan lokal pada sekolah berasrama. Penelitian ini dilakukan pada dua pondok pesantren di kabupaten Bojonegoro, yaitu Pondok Pesantren Ar-Rosyid dan Pondok Pesantren At-Tanwir. Berdasarkan hasil analisis data wawancara, observasi dan dokumen ditemukan bahwa kedua pondok pesantren telah melalukan pendidikan karakter berbasis kearifan lokal sebagai upaya penanaman sikap empati pada Santri dengan pendekatan-pendekatan sesuai dengan karakteristik pondok pesantren masing-masing.
 
Publisher UNU Sunan Giri Bojonegoro
 
Date 2019-04-15
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.sunan-giri.ac.id/index.php/al-ulya/article/view/210
10.36840/ulya.v4i1.210
 
Source Al Ulya : Jurnal Pendidikan Islam; Vol. 4 No. 1 (2019): April; 42-54
Al Ulya : Jurnal Pendidikan Islam; Vol 4 No 1 (2019): April; 42-54
2597-6656
2540-8127
 
Language ind
 
Relation https://ejournal.sunan-giri.ac.id/index.php/al-ulya/article/view/210/177
 
Rights Copyright (c) 2019 Al Ulya