Record Details

Metode Yanbu’a dalam Penanaman Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah pada Santri TPQ At-Tauhid Tuban

Al Ulya : Jurnal Pendidikan Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Metode Yanbu’a dalam Penanaman Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah pada Santri TPQ At-Tauhid Tuban
 
Creator Mamlu'ah, Aya
Diantika, Devy Eka
 
Subject yanbu'a method, planting the ability to read the letters hijaiyah
 
Description Planting the ability to read Hijaiyah letters is a common thing for the Al-Qur'an Education Park. The main problem often faced by TPQ students in the Al-Qur'an Education Park in the Senori sub-district is the method used in the ability to read hijaiyah letters. The background of this writing is that the 3-year-old santri who followed the learning process of reciting in the TPQ At-Tauhid Leran Senori Tuban. This research is a qualitative classroom action research (PTK), taking location in At-Tauhid Leran TPQ Senori Tuban. Data collection is done by interviewing, observing and documenting, data analysis is done by giving meaning to the data that has been collected and from that meaning drawn conclusions. The results of the application of the Yanbu'am method show a significant increase in reading ability which initially 43% rose to 55% in cycle I and become 75% in Cycle II. Thus the method of yanbu'a can instill the ability to read hijaiyah letters in santri at TPQ At-Tauhid Leran Senori Tuban.
Penanaman kemampuan membaca Huruf Hijaiyah merupakan suatu hal yang sudah lazim bagi Taman Pendidikan Al-Qur’an. Masalah pokok yang sering dihadapi oleh santri TPQ di Taman Pendidikan Al-Qur’an di wilayah kecamatan Senori adalah metode yang digunakan dalam kemampuan membaca huruf hijaiyah. Latar belakang dari pada penulisan ini adalah ditemukan para santri yang berusia 3 tahun yang mengikuti proses pembelajaran mengaji di TPQ At-Tauhid Leran Senori Tuban. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bersifat kualitatif, dengan mengambil lokasi di TPQ At-Tauhid Leran Senori Tuban. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi, analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari makna itu ditarik kesimpulan.hasil dari penerapan metode yanbu’amenunjukan peningkatan signifikan yaitu pada kemampuan membaca yang awalnya 43% naik menjadi 55% pada siklus I dan menjadi 75% pada Siklus II. Dengan demikian metode yanbu’a dapat menanamkan kemampuan membaca huruf hijaiyah pada santri di TPQ At-Tauhid Leran Senori Tuban.
 
Publisher UNU Sunan Giri Bojonegoro
 
Date 2018-08-30
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.sunan-giri.ac.id/index.php/al-ulya/article/view/154
10.36840/ulya.v3i2.154
 
Source Al Ulya : Jurnal Pendidikan Islam; Vol. 3 No. 2 (2018): Oktober; 110-119
Al Ulya : Jurnal Pendidikan Islam; Vol 3 No 2 (2018): Oktober; 110-119
2597-6656
2540-8127
 
Language ind
 
Relation https://ejournal.sunan-giri.ac.id/index.php/al-ulya/article/view/154/120
 
Rights Copyright (c) 2018 Al Ulya