Pengelolaan Sampah 3R (Reduce, Reuse, Recycle) pada Pembelajaran IPS Untuk Menumbuhkan Karakter Peduli Lingkungan
Al Ulya : Jurnal Pendidikan Islam
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Pengelolaan Sampah 3R (Reduce, Reuse, Recycle) pada Pembelajaran IPS Untuk Menumbuhkan Karakter Peduli Lingkungan
|
|
Creator |
Arisona, Risma Dwi
|
|
Subject |
sampah, IPS, peduli lingkungan
|
|
Description |
Indonesia is ranked second as the largest producer of plastic waste in the world after China. The Ministry of Environment and Forestry said that the increase in landfill in Indonesia has reached 175,000 tons/day, equivalent to 64 million tons/year. Waste management is very necessary to minimize the adverse effects. For this reason, it needs to be inserted in social studies learning in order to foster an environmentally caring character. The method used in this study uses the literature study method. The results show that 3R waste management (reduce, reuse, recycle) on social studies learning to foster environmental care character can be done, as follows: 1) Reduce examples, namely paper use can be replaced by collecting papers or assignments in social studies learning using softfile only or through digital device; 2) Examples of Reuse, namely waste management can be done using plastic goods again. Students can use drinking bottles that can be reused, and 3) Examples of Recycle, namely waste management with the concept of recycle are divided into three, namely management of organic (wet), inorganic and B3 waste. For example, managing organic (wet) waste into compost, managing inorganic waste into handicrafts and social media learning media.
Indonesia menduduki peringkat kedua sebagai negara penghasil sampah plastik terbesar di dunia setelah Cina. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menyebutkan jumlah peningkatan timbunan sampah di Indonesia telah mencapai 175.000 ton/hari atau setara 64 juta ton/tahun. Pengelolaan sampah sangat perlu dilakukan untuk meminimalisir dampak buruknya. Untuk itu, perlu disisipkan dalam pembelajaran IPS agar menumbuhkan karakter peduli lingkungan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan pengelolaan sampah 3R (reduce, reuse, recycle) pada pembelajaran IPS untuk menumbuhkan karakter peduli lingkungan dapat dilakukan, sebagai berikut: 1) Contoh Reduce, yaitu penggunaan kertas dapat digantikan dengan mengumpulkan makalah atau tugas dalam pembelajaran IPS menggunakan softfile saja atau melalui perangkat digital; 2) Contoh Reuse, yaitu pengelolaan sampah dapat dilakukan dengan menggunakan barang plastik kembali. Siswa dapat menggunakan botol minum yang dapat digunakan kembali, dan 3) Contoh Recycle, yaitu pengelolaan sampah dengan konsep recycle terbagi menjadi tiga, yaitu pengelolaan sampah organik( basah), anorganik, dan B3. Seperti, pengelolaan sampah organik (basah) menjadi kompos, pengelolaan sampah anorganik menjadi kerajinan dan media pembelajaran IPS. |
|
Publisher |
UNU Sunan Giri Bojonegoro
|
|
Date |
2018-02-25
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ejournal.sunan-giri.ac.id/index.php/al-ulya/article/view/150
10.36840/ulya.v3i1.150 |
|
Source |
Al Ulya : Jurnal Pendidikan Islam; Vol. 3 No. 1 (2018): April; 39-51
Al Ulya : Jurnal Pendidikan Islam; Vol 3 No 1 (2018): April; 39-51 2597-6656 2540-8127 |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
https://ejournal.sunan-giri.ac.id/index.php/al-ulya/article/view/150/116
|
|
Rights |
Copyright (c) 2018 Al Ulya
|
|