Record Details

Manajemen Kegiatan Ektrakurikuler Qiro’ah al Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Mojokerto

Al Ulya : Jurnal Pendidikan Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Manajemen Kegiatan Ektrakurikuler Qiro’ah al Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Mojokerto
 
Creator Habibullah, Muhammad Romadlon
 
Subject miftahul ulum
qiro'at
ekstrakurikuler
 
Description Madrasah Ibtidaiyah Miftahul merupakan salah satu lembaga pendidikan yang berkembang pesat di bawah naungan LP Ma`arif NU. Dewasa ini sebagian orang beranggapan bahwa sekolah yang berbasis agama (Madrsah), siswa – siswinya bisa bahkan pandai dalam keagama khususnya bidang baca al Qur’an. Untuk mewujudkan hal tersebut maka dibentuklah ekstrakulikuler qiro’ah Qur’an di MI Miftahul Ulum. kegiatan ekstrakurikuler Pebinaan qiro’ah Al Qur`an di MI Miftahul Ulum mengunakan pendekatan langsung, serta melalui beberapa face;Fase Klasikal ( Pembina membaca, siswa menyimak), Pembina membaca, siswa menirukan,Siswa membaca, Pembina menyimak. Manajemen kegiatan ekstrakurikuler dalam pembinaan qiro’ah Al Qur`an di MI Miftahul Ulum sudah berjalan dengan lancar mulai dari proses perencanaan sampai pada pengawasan control yang dilakukan hal ini dapat dilihat dari penjadwalan, proses pembinaan sampai pada penilaian, serta even/lomba-lomba guna menampilkan kemampuan siswa. walaupun dalam melaksanakan fungsi-fungsi tersebut belum secara maksimal. Faktor-Faktor pendukung dan penghambat manajemen kegiatan ekstrakurikuler dalam pembinaan qiro’ah Al Qur`anantara lain; Kuranganya perhatian dan pengawasan orang tua, Teman sejawat, Keterbatasan teknologi sehingga Pembina kurang berkembang (variatif), Factor motivasi dalam diri siswa yang malu akan keterbelakangan dengan siswa lain yang telah bisa baca Al-Qur’an
 
Publisher UNU Sunan Giri Bojonegoro
 
Date 2017-02-22
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.sunan-giri.ac.id/index.php/al-ulya/article/view/75
10.36840/ulya.v2i1.75
 
Source Al Ulya : Jurnal Pendidikan Islam; Vol. 2 No. 1 (2017): April; 71-89
Al Ulya : Jurnal Pendidikan Islam; Vol 2 No 1 (2017): April; 71-89
2597-6656
2540-8127
 
Language ind
 
Relation https://ejournal.sunan-giri.ac.id/index.php/al-ulya/article/view/75/53
 
Rights Copyright (c) 2017 Al Ulya