UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SANTRI DALAM MEMAHAMI TERJEMAH PERKATA AL-QUR’AN DI PONDOK PESANTREN AL-URWATUL WUTSQO JOMBANG
AT-TUHFAH: JURNAL STUDI KEISLAMAN
View Archive InfoField | Value | |
Title |
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SANTRI DALAM MEMAHAMI TERJEMAH PERKATA AL-QUR’AN DI PONDOK PESANTREN AL-URWATUL WUTSQO JOMBANG
|
|
Creator |
badi, ulva
|
|
Subject |
Upaya
Memahami Terjemah Al-Qur’an |
|
Description |
“Dasar utama pembelajaran, pendidikan dan pelatihan yang bersifat islami adalah Al-Qur’an. Al-Qur’an memiliki peran yang sangat penting, yaitu sebagai rujukan dalam konsep dan prinsip dasar dalam pengembangan teori dan teknik operasional. Hasil penelitian yang dilakukan oleh imron siregar menyebutkan bahwa Al-Qur’an terus dibaca oleh jutaan orang yang tidak mengerti artinya, dan atau tidak dapat menulis dengan huruf-hurufnya. Bahkan dihafal huruf demi huruf oleh orang dewasa, remaja dan anak-anak.[1] Ungkapan di atas tampaknya mewakili pandangan umum mengenai kegairahan yang luar biasa terhadap Al-Qur’an masih sebatas membaca dan menulis, belum sampai pada tataran memahami makna ayat. Untuk bisa memahami makna ayat Al-Qur’an, maka seseorang harus mengetahui arti dari ayat-ayat Al-Qur’an terlebih dahulu. Pondok pesantren merupakan salah satu lembaga yang terus aktif dalam membina dan mendidik santri untuk dapat belajar Al-Qur’an. Berbagai macam strategi dilakukan untuk meningkatkan kemampuan santrinya dalam memahami Al-Qur’an termasuk memahami terjemah Al-Qur’an. Salah satu pondok pesantren yang aktif dalam meningkatkan kemampuan santrinya dalam memahami Al-Qur’an adalah pondok pesantren Al-Urwatul Wutsqo Jombang. Salah satu strategi yang diakukan adalah dengan menggunakan metode Qur-any. Metode Qur-any dimulai dari tingkat dasar seperti baca, tulis, terjemah, sampai pada pembelajaran tafsir. sedangkan untuk terjemah Al-Qur’an terletak pada tingkatan Qur-any 2.â€
|
|
Publisher |
PASCASARJANA UNU SUNAN GIRI BOJONEGORO
|
|
Date |
2019-11-22
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ejournal.sunan-giri.ac.id/index.php/at-tuhfah/article/view/216
10.36840/jurnalstudikeislaman.v8i2.216 |
|
Source |
AT-TUHFAH: JURNAL STUDI KEISLAMAN; Vol. 8 No. 2 (2019): AT-TUHFAH: JURNAL STUDI KEISLAMAN ; 38-47
At-Tuhfah; Vol 8 No 2 (2019): AT-TUHFAH: JURNAL STUDI KEISLAMAN ; 38-47 2614-493X 2089-0060 10.36840/jurnalstudikeislaman.v8i2 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ejournal.sunan-giri.ac.id/index.php/at-tuhfah/article/view/216/182
|
|
Rights |
Copyright (c) 2019 At-Tuhfah
|
|