Record Details

PENGARUH LATAR BELAKANG PENDIDIKAN DAN TINGKAT PEMAHAMAN MATA KULIAH ASWAJA (AHLI SUNNAH WAL JAMAAH) TERHADAP SIKAP TOLERAN PADA LIBERALISME DI KALANGAN MAHASISWA FAKULTAS TARBIYAH IAI SUNAN GIRI BOJONEGORO

AT-TUHFAH: JURNAL STUDI KEISLAMAN

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENGARUH LATAR BELAKANG PENDIDIKAN DAN TINGKAT PEMAHAMAN MATA KULIAH ASWAJA (AHLI SUNNAH WAL JAMAAH) TERHADAP SIKAP TOLERAN PADA LIBERALISME DI KALANGAN MAHASISWA FAKULTAS TARBIYAH IAI SUNAN GIRI BOJONEGORO
 
Creator izza, yogi prana
 
Subject ASWAJA
toleransi
Liberalisme
 
Description “Nahdlatul Ulama merupakan organisasi yang memiliki citra moderat. Salah satu indikasinya adalah nilai-nilai Islam yang dirumuskan dalam kerangka berfikir menurut ASWAJA (Ahli Sunnah Wal Jamaah) NU. Diantaranya adalah tawassuth (tengah-tengah), i’tida>l (berkeadilan), tasa>muh (toleran), tawa>zun (seimbang/harmoni) dan amar ma’ruf nahi munkar. Semua lembaga pendidikan yang berafiliasi kepada Nahdlatul Ulama, wajib mengajarkan materi ASWAJA kepada peserta didik, tidak terkecuali IAI Sunan Giri Bojonegoro dengan nama mata kuliah ASWAJA. Namun demikian, disinyalir bahwa tidak sedikit mahasiswa yang memiliki sikap berbeda (toleran/moderat dan intoleran/fanatik) terhadap aliran pemikiran liberal. Oleh karena itu, penelitian ini akan mengungkap lebih jauh tentang sikap toleran mahasiswa terhadap liberalisme. Penelitian ini mengambil sampel dari mahasiswa Fakultas Tarbiyah Prodi Pendidikan Agama Islam sebanyak 40 orang. Data diperoleh melalui dokumen, teknik tes dan kuisioner. Analisis data penelitian menggunakan desain varian/faktorial 2 jalur (two way analysis of variant). Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap toleransi terhadap Liberalisme dipengaruhi oleh latarbelakang pendidikan baik pesantren maupun non pesantren. Demikian juga,  pemahaman mata kuliah ASWAJA ikut mempengaruhi sikap toleransi terhadap Liberalisme. Namun demikian, tidak terdapat hubungan interaktif antara latarbelakang pendidikan pesantren dan non pesantren dengan tingkat pemahaman mata kuliah ASWAJA. Artinya, meskipun latarbelakang pendidikan dan tingkat pemahaman ASWAJA memberikan kontribusi yang signifkan pada sikap toleran Liberalisme tetapi antara keduanya tidak terdapat interaksi, sehingga tidak akan memberikan kontribusi yang signifikan pada latarbelakang pendidikan (pesantren dan non pesantren) dan tingkat pemahaman ASWAJA.â€
 
Publisher PASCASARJANA UNU SUNAN GIRI BOJONEGORO
 
Date 2018-09-13
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.sunan-giri.ac.id/index.php/at-tuhfah/article/view/113
10.36840/jurnalstudikeislaman.v7i1.113
 
Source AT-TUHFAH: JURNAL STUDI KEISLAMAN; Vol. 7 No. 1 (2018): AT-TUHFAH JURNAL KEISLAMAN; 1-18
At-Tuhfah; Vol 7 No 1 (2018): AT-TUHFAH JURNAL KEISLAMAN; 1-18
2614-493X
2089-0060
10.36840/jurnalstudikeislaman.v7i1
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.sunan-giri.ac.id/index.php/at-tuhfah/article/view/113/88
 
Rights Copyright (c) 2018 At-Tuhfah