Record Details

E-KOMIK EDU TATABIN SEBAGAI BAHAN LITERASI PEMBINAAN TATA BAHASA INDONESIA

An-Nas

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title E-KOMIK EDU TATABIN SEBAGAI BAHAN LITERASI PEMBINAAN TATA BAHASA INDONESIA
 
Creator Sugianti , Sugianti
Rosidah, Ilmiyatur
Mabaroh, Barotun
 
Subject E-komik edu
literasi
tatabin
tatabahasa Indonesia
 
Description Tujuan Penelitian ini adalah mengembangakan bahan literasi berbasis digital dengan tampilan yang lebih menarik dan berfokus pada pengembangan literasi Tatabin (Tata Bahasa Indonesia) dalam pembinaan Tata Bahasa Indonesia. Pengembanga tersebut didasarkan pada fenomena saat ini, dimana banyak literasi mengenai tata bahasa Indonesia mulai dari PUEBI, maupun ensiklopedia tata bahasa Indonesia. Akan tetapi, bagi sebagaian besar pelajar enggan membaca keseluruhan bahan literasi tersebut karena cerderung hanya berbentuk bacaan dan tata kalimat semata. Tidak ada tampilan yang menarik  seperti halnya gambar dan warna. Ada tiga tingkatan utama modus belajar, yaitu pengalaman langsung (enactive), pengalaman pictorial atau gambar (iconic), dan pengalaman abstrak (symbolitic). Dari tiga modus pembelajaran tersebut, modus pictorial merupakan modus yang paling menarik bagi para siswa. Oleh karena itu,  dibutuhkan literasi tata bahasa Indonesia yang menggambarkan kreativitas dan inovatif dalam penyajian ketatabahasaan, selain itu memerhatikan kondisi pandemi covid-19 saat ini. Pendekatan dalam peneliti ini adalah R&D. Model pengembangan penelitian ini menggunakan model procedural Dick and Carey, yakni: 1) Tahap persiapan: Observasi, Analisis kebutuhan; 2) Tahap pengembangan: (1) Menentukan Bahan/ konten bacaan tatabin. Hasil analisis kebutuhan dari penelitian ini adalah para pegiat literasi membutuhkan tampilan berbeda sebagai bahan literasi tata bahasa Indonesia. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini berupa literasi “Tatabin†berupa E-Komik Edu.
 
Publisher Institut Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro
 
Date 2021-10-26
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.sunan-giri.ac.id/index.php/an-nas/article/view/477
10.36840/annas.v5i2.477
 
Source An-Nas; Vol. 5 No. 2 (2021): AN-NAS: Jurnal Humaniora; 1-11
AN-NAS; Vol 5 No 2 (2021): AN-NAS: Jurnal Humaniora; 1-11
2597-7822
2549-676X
10.36840/annas.v5i2
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.sunan-giri.ac.id/index.php/an-nas/article/view/477/341
 
Rights Copyright (c) 2021 An-Nas
https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/