Record Details

PANDANGAN NASIONALISME DALAM PUISI MAḤMŪD DARWISY DAN RENDRA DALAM ANALISIS SASTRA BANDING: Nationalism View to Maḥmūd Darwisy and Rendra poetries in Comparative Literature analysis

An-Nas

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PANDANGAN NASIONALISME DALAM PUISI MAḤMŪD DARWISY DAN RENDRA DALAM ANALISIS SASTRA BANDING: Nationalism View to Maḥmūd Darwisy and Rendra poetries in Comparative Literature analysis
 
Creator Ni'mah, Evayatun
 
Subject nasionalisme
negara
perjuangan
penjajah
 
Description Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang pandangan nasionalisme dalam dua puisi yang berbeda, yaitu puisi Arab dan Puisi Indonesia. Hal yang dibandingkan dari dua puisi tersebut adalah pandangan tentang negara dan perjuangan melawan penjajah. Penelitian ini menggunakan teori sastra banding, yaitu membandingkan karya sastra dari dua negara yang berbeda, bahasa yang berbeda, dan juga budaya yang berbeda. Penelitian ini menghasilkan adanya perbedaan dan persamaan antara dua karya sastra berbentuk puisi dari dua negara, yaitu Arab dan Indonesia. Puisi Arab "BitÄqah HÄwiyyah" karya Darwisy merepresentasikan bahwa negara adalah rumah bagi rakyat Palestina. Adapun puisi "Gugur" karya Rendra menggambarkan bahwa negara itu adalah jiwa bagi para penduduk Indonesia. Kedua puisi tersebut memiliki perspektif yang berbeda dalam memandang suatu negara. Akan tetapi, kedua puisi tersebut memiliki wujud rasa nasionalisme yang sama, yaitu sebuah perjuangan melawan penjahahan.
 
Publisher Institut Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro
 
Date 2017-12-23
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.sunan-giri.ac.id/index.php/an-nas/article/view/54
10.36840/an-nas.v1i2.54
 
Source An-Nas; Vol. 1 No. 2 (2017): JURNAL AN-NAS; 91
AN-NAS; Vol 1 No 2 (2017): JURNAL AN-NAS; 91
2597-7822
2549-676X
10.36840/an-nas.v1i2
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.sunan-giri.ac.id/index.php/an-nas/article/view/54/45
 
Rights Copyright (c) 2017 An-Nas