Record Details

PERILAKU KONSUMEN PADA MARKETPLACE DALAM PERSPEKTIF ISLAM

AL MAQASHIDI

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PERILAKU KONSUMEN PADA MARKETPLACE DALAM PERSPEKTIF ISLAM
 
Creator Imelliana Dwi Nugraheni, Anis
 
Subject Perilaku
Konsumen
Marketplace
 
Description Setiap manusia diberikan hak untuk memiliki sesuatu, tidak terkecuali dalam upaya memenuhi kebutuhan hidup. Pemenuhan tersebut memunculkan perilaku konsumen terhadap pembelian suatu produk. Teori perilaku konsumen merupakan teori yang mempelajari bagaimana manusia memilih diantara berbagai pilihan yang dihadapinya dengan memanfaatkan sumber daya yang dimiliki. Perilaku konsumen dibedakan menjadi dua, yaitu perilaku konsumen secara konvensional dan perilaku konsumen secara Islam. Prinsip yang digunakan dalam perilaku konsumen konvensional menerapkan prinsip utilitarianisme, sedangkan prinsip yang digunakan dalam perilaku konsumen Islam menerapkan prinsip pemenuhan kebutuhan dengan mempertimbangkan konsep maslahah. Pada sekarang ini upaya pemenuhan kebutuhan lebih mudah dilakukan dengan adanya marketplace yang menyediakan layanan jasa berbasis belanja online yang mampu memenuhi semua kebutuhan dan keinginan para konsumen. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data yang bersumber dari buku dan internet. Berdasarkan dari beberapa sumber yang diperoleh nantinya akan diketahui apa yang menjadi motif perilaku konsumen, apakah masyarakat lebih menggunakan teori perilaku konsumsi secara konvensional atau secara Islam, dan pengaruh marketplaceterhadap motif perilaku konsumen.
 
Publisher Institut Agama Islam (IAI) Sunan Giri Bojonegoro Jawa Timur
 
Date 2021-12-25
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.sunan-giri.ac.id/index.php/ALMAQASHIDI/article/view/516
 
Source AL MAQASHIDI; Vol. 4 No. 2 (2021): Al Maqashidi : Jurnal Hukum Islam Nusantara; 41-50
2623-0399
2620-5084
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.sunan-giri.ac.id/index.php/ALMAQASHIDI/article/view/516/361
 
Rights Copyright (c) 2021 AL MAQASHIDI
https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/