POLA KEPEMIMPINAN KIYAI DALAM MENGEMBANGKAN PENDIDIKAN BERBASIS KARAKTER DI PONDOK PESANTREN AL MUNAWWIR KRAPYAK YOGYAKARTA
AL-AUFA: JURNAL PENDIDIKAN DAN KAJIAN KEISLAMAN
View Archive InfoField | Value | |
Title |
POLA KEPEMIMPINAN KIYAI DALAM MENGEMBANGKAN PENDIDIKAN BERBASIS KARAKTER DI PONDOK PESANTREN AL MUNAWWIR KRAPYAK YOGYAKARTA
POLA KEPEMIMPINAN KIYAI DALAM MENGEMBANGKAN PENDIDIKAN BERBASIS KARAKTER DI PONDOK PESANTREN AL MUNAWWIR KRAPYAK YOGYAKARTA |
|
Creator |
Isti Lailatul Amanah
Fandi Akhmad Nurjannah Tedi Wardani |
|
Subject |
Islamic Boarding School Leadership Pattern
Pola Kepemimpinan Pesantren |
|
Description |
The globalization era is developing at this time demands the existence of national cadres who have the quality of human resources as a whole, tough in facing all the challenges of the times. This can be realized in the support of a quality education system. Among Muslims themselves, Islamic boarding schools are referred to as examples of educational institutions that have advantages, both from the aspect of scientific tradition and morality. Islamic boarding schools are considered capable of instilling the character values of education in children so that the nation's cadres have full human resources. The research method that the author uses in this study is using qualitative research with a location in PP Al Munawwir Krapyak Yogyakarta, the results of this study are the leadership style applied by the Al Munawwir Krapyak Islamic boarding school, namely the democratic system, deliberation for consensus and also an authoritarian system. And in developing students' character education, namely by providing advice, habituation, exemplary (uswatun Hashanah), giving rewards and punishments to students.
Era globalisasi yang berkembang waktu ini menuntut adanya kader bangsa yang memiliki kualitas sumber daya insan seutuhnya, tangguh pada menghadapi segala tantangan zaman. Hal tadi dapat terwujud pada dukung sang sistim pendidikan yang berkualitas. Dikalangan umat Islam sendiri pondok pesantren disebut sebagai contoh institusi pendidikan yang memiliki keunggulan, baik dari aspek tradisi keilmuan maupun moralitasnya. Pesantren dianggap mampu menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter kepada anak agar kader bangsa mempunyai SDM seutuhnya. Metode penelitian yang penulis gunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan penelitian kualitatif dengan lokasi di PP Al Munawwir Krapyak Yogyakarta, hasil dari penelitian ini yaitu Gaya kepemimpinan yang diterapkan pondok pesantren Al Munawwir Krapyak yaitu dengan sistem demokratis, musyawarah untuk mufakat dan juga sistem otoriter. Dan dalam mengembangkan pendidikan karakter santri yaitu dengan memberikan nasehat, pembiasaan, keteladaan (uswatun hasanah), pemberian reward dan juga punishment kepada santri. |
|
Publisher |
Pendidikan Agama Islam
|
|
Date |
2021-12-03
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ejournal.sunan-giri.ac.id/index.php/AL-AUFA/article/view/482
10.36840/alaufa.v3i2.482 |
|
Source |
AL-AUFA: JURNAL PENDIDIKAN DAN KAJIAN KEISLAMAN; Vol. 3 No. 2 (2021): Juli-Desember 2021; 31-44
2715-8942 10.36840/alaufa.v3i2 |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
https://ejournal.sunan-giri.ac.id/index.php/AL-AUFA/article/view/482/351
|
|
Rights |
Copyright (c) 2021 Isti Lailatul Amanah, Fandi Akhmad, Nurjannah, Tedi Wardani
https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 |
|