Record Details

KONSTRUKSI SISTEM PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN

AL-AUFA: JURNAL PENDIDIKAN DAN KAJIAN KEISLAMAN

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title KONSTRUKSI SISTEM PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN
SISTEM PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN
 
Creator HIDAYAH, SITI
Manshur, Ahmad
Burhanuddin, Hamam
 
Subject sistem pendidikan
pondok pesantren
Konstruksi
Sistem Pendidikan Pesantren
 
Description This paper aims to explain the education system in Pesantren, the Islamic boarding school education system experienced a shift from the Salafi system to the kholaf system. The problem that arises is the loss of the essence of the basic values ​​education system in Islamic boarding schools when faced with modernity and the development of the times, the education system used indicated reducing, this research is an attempt to make a contribution of thought to Islamic boarding schools in carrying out their educational functions. Especially in developing the basic values ​​of education, input for pesantren in organizing their education system, and funding the construction of the education system in the modern era. The findings of this study are; 1) education system of Islamic Boarding Schools are based on the Qur'an and Al-Hadith, 2) the beginning of its establishment, Islamic Boarding Schools use a traditional education system which in the implementation of teaching uses the sorogan and wetonan systems, implemented the classical system and is currently organizing skill institutions and formal schools, 3). In applying the education system, Islamic boarding schools experience lags in the learning system, this is more because pesantren are less able to accommodate the development of the times and are even indifferent to new findings.
Sistem pendidikan pesantren adalah sebuah kesatuan dari beberapa komponen sistem pendidikan pesantren yang bekerjasama secara sinergis untuk mencapai tujuan bersama. Seiring dengan perkembangan zaman sistem pendidikan pondok pesantren mengalami pergeseran dari sistem salafi menuju  sistem kholafi.
 
Berdasar uraian tersebut di atas, penulis bermaksud melakukan pengkajian tentang; 1) Essensi nilai-nilai dasar yang melandasi sistem pendidikan di Pondok Pesantren, 2) Sistem pendidikan yang digunakan dalam upaya memberdayakan nilai-nilai dasar di Pondok Pesantren, 3) Kendala yang dialami Pondok Pesantren dalam mengaplikasikan sistem pendidikannya.
 
Adapun manfaat dari penelitian ini adalah untuk menjadikan sumbangan pemikiran kepada pndok pesantren dalam melaksanakan fungsi pendidikannya. Terutama dalam mengembangkan nilai-nilai dasar pendidikan, menjadi bahan masukan bagi pesantren dalam menyelenggarakan sistem pendidikannya dan menjadi bahan pertimbangan serta informasi bagi peneliti lain.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah ; 1) Dalam sistem pendidikannya Pondok Pesantren berdasarkan Al-Qur’an dan Al-Hadits yakni nilai-nilai Islam senantiasa ditanamkan pada anak didik (santri), 2) Pada awal pendiriannya, Pondok Pesantren menggunakan sistem pedidikan taradisional yang mana dalam pelaksanaan pengajarannya hanya menggunakan sistem sorogan dan wetonan, namun dalam perkembangannya menyelenggarakan juga sistem klasikal dan saat ini sudah menyelenggarakan lembaga ketrampilan dan sekolah-sekolah formal, 3). Dalam mengaplikasikan sistem pendidikannya Pondok Pesantren mengalami kendala kelambanan dalam sistem pembelajaran, hal ini lebih disebabkan karena pesantren kurang bisa mengakomodir perkembangan zaman bahkan acuh-tak acuh dengan berbagai temuan baru.
 
Publisher Pendidikan Agama Islam
 
Date 2021-07-05
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.sunan-giri.ac.id/index.php/AL-AUFA/article/view/394
10.36840/alaufa.v3i01.394
 
Source AL-AUFA: JURNAL PENDIDIKAN DAN KAJIAN KEISLAMAN; Vol. 3 No. 01 (2021): Januari - Juni 2021; 12-28
2715-8942
10.36840/alaufa.v3i01
 
Language ind
 
Relation https://ejournal.sunan-giri.ac.id/index.php/AL-AUFA/article/view/394/314
 
Rights Copyright (c) 2020 SITI HIDAYAH, Ahmad Manshur, Hamam Burhanuddin
https://creativecommons.org/licenses/by/4.0