DESAIN E-LEARNING PADA TAYANGAN PROGRAM BELAJAR DARI RUMAH MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK SD DI TVRI
AL-AUFA: JURNAL PENDIDIKAN DAN KAJIAN KEISLAMAN
View Archive InfoField | Value | |
Title |
DESAIN E-LEARNING PADA TAYANGAN PROGRAM BELAJAR DARI RUMAH MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK SD DI TVRI
DESAIN E-LEARNING PADA TAYANGAN PROGRAM BELAJAR DARI RUMAH MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK SD DI TVRI |
|
Creator |
Anisah, Giati
|
|
Subject |
E-learning
Bahasa Indonesia Belajar Dari Rumah e-learning desain pembelajaran Belajar Dari Rumah Bahasa Indonesia |
|
Description |
This research is to describe the e-learning design of the Home Learning Program in Indonesian for elementary schools aired on TVRI. The main focus into five sub-focuses, namely on learning indicators, a series of lessons, learning methods, delivery strategies, and evaluation strategies. This research is descriptive qualitative research. Data were collected using observation sheets. Learning indicators are composed of C1 and C2 competencies adjusted to the level of student intellectual development. The learning series was arranged based on a prerequisite method or prerequisite and sequentially connected. The learning method used is an expositive method that emphasizes the aspects of absorbing new information. The delivery strategy through TVRI is the right choice because it can be accessed by all students in Indonesia, both signal and operational. Evaluation cannot be carried out optimally, especially for competencies that require practice because students cannot interact with students directly
Fokus utama penelitian ini adalah mendeskripsikan desain e-learning Program Belajar dari Rumah mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk SD yang ditayangkan di TVRI. Fokus utama tersebut dirinci lima menjadi subfokus yaitu mengenai indikator pembelajaran, rangkaian pembelajaran, metode pembelajaran, startegi penyampaian, dan strategi evaluasi. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi. Indikator pembelajaran tersusun atas kompetensi C1 dan C2 disesuaikan dengan tingkat perkembangan intelektual siswa. Rangkaian pembelajarn disusun berdasarkan prerequisite methode atau metode prasyarat sehingga pembelajaran terangkai secara runtut. Metode pembelajaran yang digunakan adalah expositive methode yang menekankan pada aspek penyerapan informasi baru. Startegi penyampaian melalui TVRI merupakan pilihan tepat karena dapat diakses oleh semua peserta didik di Indonesia, baik secara sinyal maupun pengoperasionalan. Evaluasi tidak dapat dilakukan secara maksimal, terutama untuk kompetensi yang membutuhkan praktik dikarenakan siswa tidak dapat berinteraksi dengan peserta didik secara langsung |
|
Publisher |
Pendidikan Agama Islam
|
|
Date |
2021-01-11
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ejournal.sunan-giri.ac.id/index.php/AL-AUFA/article/view/340
10.36840/alaufa.v2i2.340 |
|
Source |
AL-AUFA: JURNAL PENDIDIKAN DAN KAJIAN KEISLAMAN; Vol. 2 No. 2 (2020): Juli-Desember 2020; 58-69
2715-8942 10.36840/alaufa.v2i2 |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
https://ejournal.sunan-giri.ac.id/index.php/AL-AUFA/article/view/340/291
|
|
Rights |
Copyright (c) 2020 Giati Anisah
https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 |
|