Penerapan Metode Jigsaw dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS tentang Kegiatan Ekonomi Masyarakat pada Siswa Kelas V Semester 1 SD Negeri 3 Sumberdadap Pucanglaban Tulungagung Tahun Pelajaran 2019/2020
Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Penerapan Metode Jigsaw dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS tentang Kegiatan Ekonomi Masyarakat pada Siswa Kelas V Semester 1 SD Negeri 3 Sumberdadap Pucanglaban Tulungagung Tahun Pelajaran 2019/2020
|
|
Creator |
Kolipah, Siti
|
|
Description |
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di Kelas V pada waktu pembelajaran IPS diperoleh hasil bahwa Hasil belajar siswa kurang memuaskan, yaitu dari 14 siswa hanya 6 siswa yang nilainya dapat mencapai KKM atau ≥ 70, sedangkan 8 siswa lainnya masih belum dapat mencapai KKM atau ≤ 69. Hal ini disebabkan karena guru kurang memberikan penekanan materi yang jelas tentang Kegiatan ekonomi masyarakat tersebut, setelah memberikan tugas kepada siswa, guru meninggalkan ruangan, guru tidak menggunakan strategi, maupun metode yang dapat digunakan untuk mengembangkan kreatif siswa, serta masih banyak siswa yang bermain sendiri pada saat pembelajaran berlangsung. Untuk itu agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal tentang Kegiatan ekonomi masyarakat serta untuk tercapainya tujuan pembelajaran perlu diadakan perbaikan pembelajaran dengan menerapkan Metode Jigsaw. Rumusan masalah penelitian ini: (a) Bagaimana penerapan Metode Jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar IPS tentang kegiatan ekonomi masyarakat pada Siswa Kelas V SD Negeri 3 Sumberdadap Pucanglaban Tulungagung? b) Apakah penerapan Metode Jigsaw dapat meningkatkan pemahaman Siswa pada IPS tentang kegiatan ekonomi masyarakat Kelas V SD Negeri 3 Sumberdadap Pucanglaban Tulungagung? (c) Apakah penerapan Metode Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar IPS tentang kegiatan ekonomi masyarakat pada Siswa Kelas V SD Negeri 3 Sumberdadap Pucanglaban Tulungagung? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa Kelas V. Dalam penelitian ini peneliti sebagai guru (pengajar), guru kelas (mitra peneliti) sebagai observer proses pembelajaran Kegiatan ekonomi masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Metode Jigsaw untuk meningkatkan Hasil belajar siswa pada materi Kegiatan ekonomi masyarakat siswa Kelas V SD Negeri 3 Sumberdadap Pucanglaban Tulungagung mempunyai kriteria keberhasilan baik. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan Hasil belajar siswa berdasarkan nilai post test per siklus dengan nilai di atas KKM yaitu persentase pada siklus I 64,3% dan pada siklus II 85,7%. Simpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah bahwa penerapan pembelajaran Kegiatan ekonomi masyarakat melalui Metode Jigsaw dapat meningkatkan Hasil belajar siswa Kelas V SD Negeri 3 Sumberdadap Pucanglaban Tulungagung dan dapat mempermudah siswa dalam menyelesaikan persoalan Kegiatan ekonomi masyarakat. Oleh karena itu guru menggunakan Metode Jigsaw dalam pembelajaran IPS pada materi Kegiatan ekonomi masyarakat agar Hasil belajar siswa meningkat. |
|
Publisher |
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
|
|
Date |
2022-03-01
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jtpdm/article/view/330
10.28926/jtpdm.v2i1.330 |
|
Source |
Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah; Vol 2 No 1 (2022): Volume 2, Nomor 1, Maret 2022; 75-94
10.28926/jtpdm.v2i1 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jtpdm/article/view/330/239
|
|
Rights |
Copyright (c) 2022 Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah
|
|