Record Details

Efektivitas Metode Discovery Learning dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan yang Memuat Makna Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada Siswa Kelas VII-C Semester 1 SMP Negeri 2 Campurdarat Tahun Pelajaran 2019/2020

Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Efektivitas Metode Discovery Learning dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan yang Memuat Makna Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada Siswa Kelas VII-C Semester 1 SMP Negeri 2 Campurdarat Tahun Pelajaran 2019/2020
 
Creator Mujiati, Anik
 
Description Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di Kelas VII-C pada waktu pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan diperoleh hasil bahwa Hasil belajar siswa kurang memuaskan, yaitu dari 36 siswa hanya 11 siswa yang nilainya dapat mencapai KKM atau ≥ 73, sedangkan 27 siswa lainnya masih belum dapat mencapai KKM atau ≤ 69. Hal ini disebabkan karena guru kurang memberikan penekanan materi yang jelas tentang Makna Proklamasi Kemerdekaan Indonesia tersebut, setelah memberikan tugas kepada siswa, guru meninggalkan ruangan, guru tidak menggunakan strategi, maupun metode yang dapat digunakan untuk mengembangkan kreatif siswa, serta masih banyak siswa yang bermain sendiri pada saat pembelajaran berlangsung. Untuk itu agar dapat meningkatkan Hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal tentang Makna Proklamasi Kemerdekaan Indonesia serta untuk tercapainya tujuan pembelajaran perlu diadakan perbaikan pembelajaran dengan menerapkan Metode discovery learning.
Rumusan masalah penelitian ini: (a) Bagaimana penerapan Metode discovery learning untuk meningkatkan Hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan yang memuat Makna Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada Siswa Kelas VII-C SMP Negeri 2 Campurdarat? (b) Apakah penerapan Metode discovery learning dapat meningkatkan pemahaman Siswa pada Pendidikan Kewarganegaraan yang memuat Makna Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Kelas VII-C SMP Negeri 2 Campurdarat? (c) Apakah penerapan Metode discovery learning dapat meningkatkan Hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan yang memuat Makna Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada Siswa Kelas VII-C SMP Negeri 2 Campurdarat?
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa Kelas VII-C. Dalam penelitian ini peneliti sebagai guru (pengajar), guru kelas (mitra peneliti) sebagai observer proses pembelajaran Makna Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Metode discovery learning untuk meningkatkan Hasil belajar siswa pada materi Makna Proklamasi Kemerdekaan Indonesia siswa Kelas VII-C  SMP Negeri 2 Campurdarat mempunyai kriteria keberhasilan baik. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan Hasil belajar siswa berdasarkan nilai post test per siklus dengan nilai di atas KKM yaitu persentase pada siklus I 63,9% dan pada siklus II 88,9%.
Simpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah bahwa penerapan pembelajaran Makna Proklamasi Kemerdekaan Indonesia melalui Metode discovery learning dapat meningkatkan Hasil belajar siswa Kelas VII-C  SMP Negeri 2 Campurdarat dan dapat mempermudah siswa dalam menyelesaikan persoalan Makna Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Oleh karena itu guru menggunakan Metode discovery learning dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada materi Makna Proklamasi Kemerdekaan Indonesia agar Hasil belajar siswa meningkat.
 
Publisher Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
 
Date 2022-03-01
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jtpdm/article/view/328
10.28926/jtpdm.v2i1.328
 
Source Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah; Vol 2 No 1 (2022): Volume 2, Nomor 1, Maret 2022; 116-135
10.28926/jtpdm.v2i1
 
Language eng
 
Relation https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jtpdm/article/view/328/243
 
Rights Copyright (c) 2022 Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah