Penerapan Metode Pembelajaran Example Non Example dalam Upaya Peningkatan Prestasi belajar Seni Budaya yang Memuat Pembuatan karya dengan motif flora pada bahan tekstil pada Siswa Kelas VII-A Semester 2 SMP Negeri 2 Campurdarat Tulungagung Tahun Pelajaran
Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Penerapan Metode Pembelajaran Example Non Example dalam Upaya Peningkatan Prestasi belajar Seni Budaya yang Memuat Pembuatan karya dengan motif flora pada bahan tekstil pada Siswa Kelas VII-A Semester 2 SMP Negeri 2 Campurdarat Tulungagung Tahun Pelajaran
|
|
Creator |
Dwiastuti, Wiwin
|
|
Description |
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di Kelas VII-A pada waktu pembelajaran Seni Budaya diperoleh hasil bahwa Hasil belajar siswa kurang memuaskan, yaitu dari 29 Siswa hanya 7 siswa yang nilainya dapat mencapai KKM atau ≥ 71, sedangkan 12 siswa lainnya masih belum dapat mencapai KKM atau ≤ 69. Hal ini disebabkan karena guru kurang memberikan penekanan materi yang jelas tentang Pembuatan karya dengan motif flora pada bahan tekstil tersebut, setelah memberikan tugas kepada siswa, guru meninggalkan ruangan, guru tidak menggunakan strategi, maupun metode yang dapat digunakan untuk mengembangkan kreatif siswa, serta masih banyak siswa yang bermain sendiri pada saat pembelajaran berlangsung. Untuk itu agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal tentang Pembuatan karya dengan motif flora pada bahan tekstil serta untuk tercapainya tujuan pembelajaran perlu diadakan perbaikan pembelajaran dengan menerapkan Example Non Example. Rumusan masalah penelitian ini: (a) Bagaimana penerapan Metode Pembelajaran Example Non Example untuk meningkatkan prestasi belajar Seni Budaya yang memuat Pembuatan karya dengan motif flora pada bahan tekstil pada Siswa Kelas VII-A SMP Negeri 2 Campurdarat Tulungagung? (b) Apakah penerapan Metode Pembelajaran Example Non Example dapat meningkatkan pemahaman Siswa pada Seni Budaya yang memuat Pembuatan karya dengan motif flora pada bahan tekstil Kelas VII-A SMP Negeri 2 Campurdarat Tulungagung? (c) Apakah penerapan Metode Pembelajaran Example Non Example dapat meningkatkan prestasi belajar Seni Budaya yang memuat Pembuatan karya dengan motif flora pada bahan tekstil pada Siswa Kelas VII-A SMP Negeri 2 Campurdarat Tulungagung? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa Kelas VII-A. Dalam penelitian ini peneliti sebagai guru (pengajar), guru kelas (mitra peneliti) sebagai observer proses pembelajaran Pembuatan karya dengan motif flora pada bahan tekstil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Example Non Example untuk meningkatkan Hasil belajar siswa pada materi Pembuatan karya dengan motif flora pada bahan tekstil siswa Kelas VII-A SMP Negeri 2 Campurdarat Tulungagung mempunyai kriteria keberhasilan baik. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan Hasil belajar siswa berdasarkan nilai post test per siklus dengan nilai di atas KKM yaitu persentase pada siklus I 58,6% dan pada siklus II 89,7%. Simpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah bahwa penerapan pembelajaran Pembuatan karya dengan motif flora pada bahan tekstil melalui Example Non Example dapat meningkatkan Hasil belajar siswa Kelas VII-A SMP Negeri 2 Campurdarat Tulungagung dan dapat mempermudah siswa dalam menyelesaikan persoalan Pembuatan karya dengan motif flora pada bahan tekstil. Oleh karena itu guru menggunakan Example Non Example dalam pembelajaran Seni Budaya pada materi Pembuatan karya dengan motif flora pada bahan tekstil agar Hasil belajar siswa meningkat. |
|
Publisher |
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
|
|
Date |
2022-03-01
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jtpdm/article/view/327
10.28926/jtpdm.v2i1.327 |
|
Source |
Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah; Vol 2 No 1 (2022): Volume 2, Nomor 1, Maret 2022; 190-201
10.28926/jtpdm.v2i1 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jtpdm/article/view/327/248
|
|
Rights |
Copyright (c) 2022 Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah
|
|