Tantangan Merdeka Belajar Fisika secara Daring dalam Materi Medan Magnet Menggunakan Metode Resitasi di Masa Pandemic Covid-19 pada Siswa Kelas XII MIPA 6 SMA Negeri 1 Kedungwaru Semester 1 Tahun Ajaran 2020/2021
Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Tantangan Merdeka Belajar Fisika secara Daring dalam Materi Medan Magnet Menggunakan Metode Resitasi di Masa Pandemic Covid-19 pada Siswa Kelas XII MIPA 6 SMA Negeri 1 Kedungwaru Semester 1 Tahun Ajaran 2020/2021
|
|
Creator |
Herlina, Tutik
|
|
Description |
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di Kelas XII MIPA 6 pada waktu pembelajaran Fisika diperoleh hasil bahwa Hasil belajar siswa kurang memuaskan, yaitu dari 18 siswa hanya 6 siswa yang nilainya dapat mencapai KKM atau ≥ 75, sedangkan 12 siswa lainnya masih belum dapat mencapai KKM atau ≤ 74. Hal ini disebabkan karena guru kurang memberikan penekanan materi yang jelas tentang Medan Magnet tersebut, setelah memberikan tugas kepada siswa, guru meninggalkan ruangan, guru tidak menggunakan strategi, metode maupun model pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengembangkan kreatif siswa, serta masih banyak siswa yang bermain sendiri pada saat pembelajaran berlangsung. Untuk itu agar dapat meningkatkan Hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal tentang Medan Magnet serta untuk tercapainya tujuan pembelajaran perlu diadakan perbaikan pembelajaran dengan menerapkan Pendekatan Resitasi secara Daring . Rumusan masalah penelitian ini: (1) Bagaimana Tantangan Merdeka Belajar Fisika secara Daring dalam Materi Medan Magnet Menggunakan Metode Resitasi di Masa Pandemic Covid-19 Pada Siswa Kelas XII MIPA 6 SMA Negeri 1 Kedungwaru? (2) Apakah Resitasi secara Daring dapat Meningkatan Hasil belajar dalam Medan Magnet Pada Siswa Kelas XII MIPA 6 SMA Negeri 1 Kedungwaru? (3) Bagaimana hasil pembelajaran Tantangan Merdeka Belajar Fisika secara Daring dalam Materi Medan Magnet Menggunakan Metode Resitasi di Masa Pandemic Covid-19 Pada Siswa Kelas XII MIPA 6 SMA Negeri 1 Kedungwaru? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa Kelas XII MIPA 6 . Dalam penelitian ini peneliti sebagai guru (peng-ajar), guru kelas (mitra peneliti) sebagai observer proses pembelajaran Medan Magnet. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan Resitasi secara Daring untuk meningkatkan Hasil belajar dan mengembangkan kreatif siswa pada materi Medan Magnet siswa Kelas XII MIPA 6 SMA Negeri 1 Kedungwaru mempunyai kriteria keberhasilan baik. Hal ini dibuktikan dengan adanya Memaksimalkan Merdeka Belajar siswa berdasarkan nilai Post Test Online per siklus dengan nilai di atas KKM yaitu persentase pada siklus I 72,2% dan pada siklus II 94,4%. Simpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah bahwa penerapan pembelajaran Medan Magnet melalui Pendekatan Resitasi secara Daring dapat meningkatkan Hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal Medan Magnet Kelas XII MIPA 6 SMA Negeri 1 Kedungwaru. Oleh karena itu guru disarankan untuk menggunakan Pendekatan Resitasi secara Daring dalam pembelajaran Fisika pada materi Medan Magnet agar Hasil belajar siswa meningkat. |
|
Publisher |
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
|
|
Date |
2022-03-01
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jtpdm/article/view/326
10.28926/jtpdm.v2i1.326 |
|
Source |
Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah; Vol 2 No 1 (2022): Volume 2, Nomor 1, Maret 2022; 155-163
10.28926/jtpdm.v2i1 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jtpdm/article/view/326/244
|
|
Rights |
Copyright (c) 2022 Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah
|
|