Penerapan Pembelajaran Peer Teaching Method dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar Teknik Elektronika Industri yang Memuat Pemasangan PCB pada Siswa Kelas XI TEI-1 Semester 2 SMK Negeri 3 Boyolangu Tulungagung Tahun Pelajaran 2018/2019
Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Penerapan Pembelajaran Peer Teaching Method dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar Teknik Elektronika Industri yang Memuat Pemasangan PCB pada Siswa Kelas XI TEI-1 Semester 2 SMK Negeri 3 Boyolangu Tulungagung Tahun Pelajaran 2018/2019
|
|
Creator |
Aswanto, Achmad Anang
|
|
Description |
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di Kelas XI TEI-1 pada waktu pembelajaran Teknik Elektronika Industri diperoleh hasil bahwa Hasil Belajar siswa kurang memuaskan, yaitu dari 34 siswa hanya 11 siswa yang nilainya dapat mencapai KKM atau ≥ 70, sedangkan 23 siswa lainnya masih belum dapat mencapai KKM atau ≤ 69. Hal ini disebabkan karena guru kurang memberikan penekanan materi yang jelas tentang Pemasangan PCB tersebut, setelah memberikan tugas kepada siswa, guru meninggalkan ruangan, guru tidak menggunakan strategi, maupun metode yang dapat digunakan untuk mengembangkan kreatif siswa, serta masih banyak siswa yang bermain sendiri pada saat pembelajaran berlangsung. Untuk itu agar dapat meningkatkan Hasil Belajar siswa dalam menyelesaikan soal tentang Pemasangan PCB serta untuk tercapainya tujuan pembelajaran perlu diadakan perbaikan pembelajaran dengan menerapkan Metode Peer Teaching Method. Rumusan masalah penelitian ini: (a) Bagaimana penerapan Pembelajaran Peer Teaching Method untuk meningkatkan hasil belajar tugas Teknik Elektronika Industri yang memuat Pemasangan PCB pada Siswa Kelas XI TEI-1 SMK Negeri 3 Boyolangu Tulungagung? (b) Apakah penerapan Pembelajaran Peer Teaching Method dapat meningkatkan pemahaman Siswa pada tugas Teknik Elektronika Industri yang memuat Pemasangan PCB Kelas XI TEI-1 SMK Negeri 3 Boyolangu Tulungagung? (c) Apakah penerapan Pembelajaran Peer Teaching Method dapat meningkatkan hasil belajar tugas Teknik Elektronika Industri yang memuat Pemasangan PCB pada Siswa Kelas XI TEI-1 SMK Negeri 3 Boyolangu Tulungagung? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa Kelas XI TEI-1. Dalam penelitian ini peneliti sebagai guru (pengajar), guru kelas (mitra peneliti) sebagai observer proses pembelajaran Pemasangan PCB. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Peer Teaching Method untuk meningkatkan Hasil Belajar siswa pada materi Pemasangan PCB siswa Kelas XI TEI-1 SMK Negeri 3 Boyolangu Tulungagung mempunyai kriteria keberhasilan baik. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan Hasil Belajar siswa berdasarkan nilai post test per siklus dengan nilai di atas KKM yaitu persentase pada siklus I 58,8% dan pada siklus II 94,1%. Simpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah bahwa penerapan pembelajaran Pemasangan PCB melalui Metode Peer Teaching Method dapat meningkatkan Hasil Belajar siswa dan dapat mempermudah siswa dalam menyelesaikan soal Pemasangan PCB Kelas XI TEI-1 SMK Negeri 3 Boyolangu Tulungagung. Oleh karena itu guru disarankan untuk menggunakan Metode Peer Teaching Method dalam pembelajaran Teknik Elektronika Industri pada materi Pemasangan PCB agar Hasil Belajar siswa meningkat. |
|
Publisher |
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
|
|
Date |
2022-03-01
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jtpdm/article/view/324
10.28926/jtpdm.v2i1.324 |
|
Source |
Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah; Vol 2 No 1 (2022): Volume 2, Nomor 1, Maret 2022; 174-183
10.28926/jtpdm.v2i1 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jtpdm/article/view/324/246
|
|
Rights |
Copyright (c) 2022 Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah
|
|