Record Details

Penerapan Pembelajaran Peer Teaching Method dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar Teknik Elektronika Industri yang Memuat Pemasangan PCB pada Siswa Kelas XI TEI-1 Semester 2 SMK Negeri 3 Boyolangu Tulungagung Tahun Pelajaran 2018/2019

Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Penerapan Pembelajaran Peer Teaching Method dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar Teknik Elektronika Industri yang Memuat Pemasangan PCB pada Siswa Kelas XI TEI-1 Semester 2 SMK Negeri 3 Boyolangu Tulungagung Tahun Pelajaran 2018/2019
 
Creator Aswanto, Achmad Anang
 
Description Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di Kelas XI TEI-1 pada waktu pembelajaran Teknik Elektronika Industri diperoleh hasil bahwa Hasil Belajar siswa kurang memuaskan, yaitu dari 34 siswa hanya 11 siswa yang nilainya dapat mencapai KKM atau ≥ 70, sedangkan 23 siswa lainnya masih belum dapat mencapai KKM atau ≤ 69. Hal ini disebabkan karena guru kurang memberikan penekanan materi yang jelas tentang Pemasangan PCB tersebut, setelah memberikan tugas kepada siswa, guru meninggalkan ruangan, guru tidak menggunakan strategi, maupun metode yang dapat digunakan untuk mengembangkan kreatif siswa, serta masih banyak siswa yang bermain sendiri pada saat pembelajaran berlangsung. Untuk itu agar dapat meningkatkan Hasil Belajar siswa dalam menyelesaikan soal tentang Pemasangan PCB serta untuk tercapainya tujuan pembelajaran perlu diadakan perbaikan pembelajaran dengan menerapkan Metode Peer Teaching Method.
Rumusan masalah penelitian ini: (a) Bagaimana penerapan Pembelajaran Peer Teaching Method untuk meningkatkan hasil belajar tugas Teknik Elektronika Industri yang memuat Pemasangan PCB pada Siswa Kelas XI TEI-1 SMK Negeri 3 Boyolangu  Tulungagung? (b) Apakah penerapan Pembelajaran Peer Teaching Method dapat meningkatkan pemahaman Siswa pada tugas Teknik Elektronika Industri yang memuat Pemasangan PCB Kelas XI TEI-1 SMK Negeri 3 Boyolangu  Tulungagung? (c) Apakah penerapan Pembelajaran Peer Teaching Method dapat meningkatkan hasil belajar tugas Teknik Elektronika Industri yang memuat Pemasangan PCB pada Siswa Kelas XI TEI-1 SMK Negeri 3 Boyolangu  Tulungagung?
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa Kelas XI TEI-1. Dalam penelitian ini peneliti sebagai guru (pengajar), guru kelas (mitra peneliti) sebagai observer proses pembelajaran Pemasangan PCB. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Peer Teaching Method untuk meningkatkan Hasil Belajar siswa pada materi Pemasangan PCB siswa Kelas XI TEI-1 SMK Negeri 3 Boyolangu Tulungagung mempunyai kriteria keberhasilan baik. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan Hasil Belajar siswa berdasarkan nilai post test per siklus dengan nilai di atas KKM yaitu persentase pada siklus I 58,8% dan pada siklus II 94,1%.
Simpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah bahwa penerapan pembelajaran Pemasangan PCB melalui Metode Peer Teaching Method dapat meningkatkan Hasil Belajar siswa dan dapat mempermudah siswa dalam menyelesaikan soal Pemasangan PCB Kelas XI TEI-1 SMK Negeri 3 Boyolangu Tulungagung. Oleh karena itu guru disarankan untuk menggunakan Metode Peer Teaching Method dalam pembelajaran Teknik Elektronika Industri pada materi Pemasangan PCB agar Hasil Belajar siswa meningkat.
 
 
Publisher Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
 
Date 2022-03-01
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jtpdm/article/view/324
10.28926/jtpdm.v2i1.324
 
Source Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah; Vol 2 No 1 (2022): Volume 2, Nomor 1, Maret 2022; 174-183
10.28926/jtpdm.v2i1
 
Language eng
 
Relation https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jtpdm/article/view/324/246
 
Rights Copyright (c) 2022 Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah