Supervisi Kependidikan sebagai Upaya Pengamatan Pelaksanaan Pembelajaran Terpadu di TK Pembina II Ngoro
Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Supervisi Kependidikan sebagai Upaya Pengamatan Pelaksanaan Pembelajaran Terpadu di TK Pembina II Ngoro
|
|
Creator |
Wahyuningdyah, Wahyuningdyah
|
|
Description |
Tujuan penelian ini adalah: 1) Mendeskripsikan supervisi pendidikan tidak hanya untuk memperbaiki mutu mengajar guru, tetapi juga membina pertumbuhan profesi guru termasuk di dalamnya pengadaan fasilitas yang menunjang kelancaran proses belajar mengajar, peningkatan mutu pengetahuan dan keterampilan guru-guru, pemberian bimbingan dan pembinaan dalam hal implementasi kurikulum, pemilihan dan penggunaan metode mengajar, alat-alat pelajaran, prosedur dan teknik evaluasi pengajaran. 2) Mendeskripsikan pelaksanaan supervise pendidikan. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan sekolah (PTS). Pengawas Sekolah di tingkat pendidikan Madrasah memberikan arahan dan petunjuk teknik terhadap konsepsi model pembelajaran yang dianggap dapat melibatkan guru bersama-sama anak didik secara aktif adalah pembelajaran terpadu. Model terkait adalah model pembelajaran yang sengaja diusahakan untuk menghubungkan satu topik dengan topik lain, satu pokok bahasan dengan bahasan lain, sehingga materi pelajaran tidak terlihat secara terpisah-pisah atau terkotak-kotak. Dengan kata lain melalui pembelajaran terpadu (Integrated Learning) bisa mengaitkan antara topik-topik yang satu dengan lainnya yang mempunyai keterhubungan untuk dijadikan sebagai suatu tema dalam pembelajaran, sehingga bahan pembelajaran yang cakupannya beragam dan luas serta cakupan kurikulum yang sarat dengan muatan tersampaikan dengan alokasi waktu yang tersedia. Pembelajaran terpadu merupakan suatu pendekatan dalam pembelajaran yang secara sengaja mengaitkan beberapa aspek baik dalam intra mata pelajaran maupun antar mata pelajaran. Dengan adanya pemaduan itu anak didik akan memperoleh pengetahuan dan keterampilan secara utuh sehingga pembelajaran menjadi bermakna bagi anak didik. Bermakna disini memberikan arti bahwa pada pembelajaran terpadu anak didik akan dapat memahami konsep-konsep yang mereka pelajari melalui pengalaman langsung dan nyata yang menghubungkan antar konsep dalam intra mata pelajaran maupun antar mata pelajaran. |
|
Publisher |
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
|
|
Date |
2022-03-01
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jtpdm/article/view/322
10.28926/jtpdm.v2i1.322 |
|
Source |
Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah; Vol 2 No 1 (2022): Volume 2, Nomor 1, Maret 2022; 230-241
10.28926/jtpdm.v2i1 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jtpdm/article/view/322/252
|
|
Rights |
Copyright (c) 2022 Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah
|
|