Record Details

Peningkatan Hasil dalam Belajar IPA Materi Ciri Khusus pada Hewan Melalui Metode Peer Teaching

Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Peningkatan Hasil dalam Belajar IPA Materi Ciri Khusus pada Hewan Melalui Metode Peer Teaching
 
Creator Sumarni, Eni
 
Description Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan hasil belajar IPA materi ciri khusus pada hewan melalui metode Peer Teaching. (2) Mendeskripsikan pelaksanaan metode Peer Teaching. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, selama 3 bulan mulai tanggal 23 Agustus sampai dengan 28 Oktober 2017, dengan subyek 20 siswa. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa, aktivitas guru dalam pembelajaran, pada siklus I pertemuan pertama dicapai 50,00% kategori kurang (K), pada pertemuan kedua menjadi 60,00% kategori cukup (C), pada siklus II pertemuan pertama 78,00% kategori baik (B) pada petemuan kedua meningkat menjadi 92,50% kategori sangat baik (SB). Peningkatan juga terjadi pada aktivitas siswa pada siklus I pertemuan 1 adalah 50,00% kategori kurang (K), pada pertemuan 2 adalah 61,50% dengan kategori cukup (C), pada siklus II pertemuan 1 adalah 83,50% kategori sangat baik (B), pada pertemuan 2 adalah 92,00% kategori sangat baik (SB).
              Hasil belajar pada siklus I, rata-rata kelas adalah 74,25 dengan persentase ketuntasan 65,00% (13 siswa) telah mencapai angka ketuntasan belajar. Pada siklus II, rata-rata kelas menjadi 83,25 dengan persentase ketuntasan 90,00% (18 siswa) telah mencapai angka ketuntasan belajar. Sedangkan yang tidak tuntas pada siklus I adalah 35,00% (7 siswa), pada siklus II tinggal 2 siswa (10,00%). Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan behwa melalui metode Peer Teaching dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi ciri khusus pada hewan pada siswa kelas VI SD Negeri Kedunguneng Kec. Bangsal Kab. Mojokerto Semester I Tahun Pelajaran 2017/2018.
Kata kunci : Peer Teaching, Hasil Belajar, IPA.
 
Publisher Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
 
Date 2022-03-01
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jtpdm/article/view/316
10.28926/jtpdm.v2i1.316
 
Source Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah; Vol 2 No 1 (2022): Volume 2, Nomor 1, Maret 2022; 136-154
10.28926/jtpdm.v2i1
 
Language eng
 
Relation https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jtpdm/article/view/316/238
 
Rights Copyright (c) 2022 Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah