Monitoring Administratif Guru melalui Supervisi Akademik pada SD Negeri 2 Pucanglaban, Kabupaten Tulungagung Semester 2 Tahun Pelajaran 2020/2021
Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Monitoring Administratif Guru melalui Supervisi Akademik pada SD Negeri 2 Pucanglaban, Kabupaten Tulungagung Semester 2 Tahun Pelajaran 2020/2021
|
|
Creator |
Prayitno, Nurhadi
|
|
Description |
Berbagai permasalahan yang dihadapi guru di dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai agen pembelajaran seperti siswa yang tidak secara aktif terlibat dalam proses pembelajaran, serta permasalahan lain yang muncul dari pribadi guru seperti kurang optimalnya guru dalam memberi penguatan, ketrampilan bertanya, variasi metode dan teknik pembelajaran. Oleh karena itu Pengawas mengadakan Supervisi Akademik terhadap Guru, tentunya hal ini dilakukan untuk meningkatkan profesionalisme guru serta peningkatan hasil peningkatan penyusunan program supervisi. Penelitian ini berdasarkan permasalahan: (1) Bagaimanakah Supervisi Akademik oleh pengawas dalam meningkatkan kemampuan melakukan evaluasi dan pelaporan program kegiatan sekolah Kepala Sekolah di SD Negeri 2 Pucanglaban? (2) Bagaimanakah pengaruh Supervisi Akademik oleh pengawas dalam meningkatkan kemampuan melakukan evaluasi dan pelaporan program kegiatan sekolah di Sekolah Kepala Sekolah di Sekolah?. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mendeskripsikan peningkatan kemampuan dalam Menyusun Program Supervisi setelah dilakukan Supervisi Akademik oleh Pengawas di SD Negeri 2 Pucanglaban. (2) Meningkatan motivasi Kinerja Kepala Sekolah di SD Negeri 2 Pucanglaban dalam melaksanakan perbaikan dan peningkatan kualitas di Sekolah. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) berupa Supervisi Akademik sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu : rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah Kepala Sekolah SD Negeri 2 Pucanglaban Semester 2 tahun pelajaran 2020/2021. Data yang diperoleh berupa Hasil pengamatan peneliti tentang penyusunan program supervisi oleh Kepala Sekolah Siklus 1 dan Siklus 2. Dari hasil analisis didapatkan bahwa Supervisi Akademik untuk Kepala Sekolah memiliki dampak positif dalam meningkatkan kinerja Kepala Sekolah dalam melaksanakan perbaikan dan peningkatan kualitas di Sekolah dalam setiap siklus, yaitu siklus I naik 15,6%, siklus II naik 17,5%. Simpulan dari penelitian ini adalah, Supervisi Akademik ini tepat dan dapat menyelesaikan melaksanakan perbaikan dan peningkatan kualitas di Sekolah di sekolah khususnya pada Kepala Sekolah di SD Negeri 2 Pucanglaban Tulungagung .
|
|
Publisher |
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
|
|
Date |
2022-03-01
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jtpdm/article/view/315
10.28926/jtpdm.v2i1.315 |
|
Source |
Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah; Vol 2 No 1 (2022): Volume 2, Nomor 1, Maret 2022; 69-74
10.28926/jtpdm.v2i1 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jtpdm/article/view/315/237
|
|
Rights |
Copyright (c) 2022 Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah
|
|