Record Details

Monitoring Administratif Guru melalui Supervisi Akademik pada SD Negeri 2 Pucanglaban, Kabupaten Tulungagung Semester 2 Tahun Pelajaran 2020/2021

Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Monitoring Administratif Guru melalui Supervisi Akademik pada SD Negeri 2 Pucanglaban, Kabupaten Tulungagung Semester 2 Tahun Pelajaran 2020/2021
 
Creator Prayitno, Nurhadi
 
Description Berbagai permasalahan yang dihadapi guru di dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai agen pembelajaran seperti siswa yang tidak secara aktif terlibat dalam proses pembelajaran, serta permasalahan lain yang muncul dari pribadi guru seperti kurang optimalnya guru dalam memberi penguatan, ketrampilan bertanya, variasi metode dan teknik pembelajaran. Oleh karena itu Pengawas mengadakan Supervisi Akademik terhadap Guru, tentunya hal ini dilakukan untuk meningkatkan profesionalisme guru serta peningkatan hasil peningkatan penyusunan program supervisi. Penelitian ini berdasarkan permasalahan: (1) Bagaimanakah Supervisi Akademik oleh pengawas dalam meningkatkan kemampuan melakukan evaluasi dan pelaporan program kegiatan sekolah Kepala Sekolah di SD Negeri 2 Pucanglaban? (2) Bagaimanakah pengaruh Supervisi Akademik oleh pengawas dalam meningkatkan kemampuan melakukan evaluasi dan pelaporan program kegiatan sekolah di Sekolah Kepala Sekolah di Sekolah?. Tujuan  penelitian ini adalah untuk (1) Mendeskripsikan peningkatan kemampuan dalam Menyusun Program Supervisi setelah dilakukan Supervisi Akademik oleh Pengawas di SD Negeri 2 Pucanglaban. (2) Meningkatan motivasi Kinerja Kepala Sekolah di SD Negeri 2 Pucanglaban  dalam melaksanakan perbaikan dan peningkatan kualitas di Sekolah. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) berupa Supervisi Akademik sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu : rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah Kepala Sekolah SD Negeri 2 Pucanglaban Semester 2 tahun pelajaran 2020/2021. Data yang diperoleh berupa Hasil pengamatan peneliti tentang penyusunan program supervisi oleh Kepala Sekolah Siklus 1 dan Siklus 2. Dari hasil analisis didapatkan bahwa  Supervisi Akademik untuk Kepala Sekolah memiliki dampak positif dalam meningkatkan kinerja Kepala Sekolah dalam melaksanakan perbaikan dan peningkatan kualitas di Sekolah dalam setiap siklus, yaitu siklus I naik 15,6%, siklus II  naik 17,5%. Simpulan dari penelitian ini adalah, Supervisi Akademik ini tepat dan dapat menyelesaikan melaksanakan perbaikan dan peningkatan kualitas di Sekolah di sekolah khususnya pada Kepala Sekolah di SD Negeri 2 Pucanglaban Tulungagung .
 
Publisher Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
 
Date 2022-03-01
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jtpdm/article/view/315
10.28926/jtpdm.v2i1.315
 
Source Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah; Vol 2 No 1 (2022): Volume 2, Nomor 1, Maret 2022; 69-74
10.28926/jtpdm.v2i1
 
Language eng
 
Relation https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jtpdm/article/view/315/237
 
Rights Copyright (c) 2022 Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah