Peningkatan Kemampuan Guru dalam Menerapkan Pembelajaran Project Based Learning melalui Supervisi Klinis di SD Negeri 4 Sumberbendo Pucanglaban Tulungagung Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020
Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Peningkatan Kemampuan Guru dalam Menerapkan Pembelajaran Project Based Learning melalui Supervisi Klinis di SD Negeri 4 Sumberbendo Pucanglaban Tulungagung Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020
|
|
Creator |
Nyamat, Nyamat
|
|
Description |
Proses pembelajaran Mata Pelajaran/Kelas secara konvensional, seperti ekspositori, drill atau ceramah hanya menekankan pada pencapaian tuntutan kurikulum dan penyampaian tekstual semata daripada mengembangkan kemampuan belajar dan membangun kualitas siswa. Pembinaan dan pengarahan yang objektif terhadap peningkatan Mengevaluasi Hasil Belajar Guru Kelas melalui konsepsi metode Project Based Learning oleh supervisor sekaligus peneliti untuk menemukan pola guru mengajar yang inovatif sekaligus meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini berdasarkan permasalahan: (1) Bagaimanakah Supervisi Klinis metode pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan Mengevaluasi Hasil Belajar Guru Kelas di SD Negeri 4 Sumberbendo Pucanglaban? (2) Bagaimanakah pengaruh Supervisi Klinis metode pembelajaran Project Based Learning terhadap peningkatan Mengevaluasi Hasil Belajar Guru Kelas di SD Negeri 4 Sumberbendo Pucanglaban? (3) Bagaimanakah hasil belajar siswa SD Negeri 4 Sumberbendo Pucanglaban setelah diberikan pembelajaran Mata Pelajaran/Kelas dengan menggunakan metode pembelajaran Project Based Learning?. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mendeskripsikan peningkatan Mengevaluasi Hasil Belajar Guru Kelas setelah dilaksanakan Supervisi Klinis metode pembelajaran Project Based Learning di SD Negeri 4 Sumberbendo Pucanglaban. (2) Meningkatan Mengevaluasi Hasil Belajar Guru Kelas dengan dilaksanakannya Supervisi Klinis metode pembelajaran Project Based Learning di SD Negeri 4 Sumberbendo Pucanglaban. (3) Mendeskripsikan hasil belajar siswa, setelah diberikan pembelajaran Mata Pelajaran/Kelas dengan menerapkan metode pembelajaran Project Based Learning di SD Negeri 4 Sumberbendo Pucanglaban. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) berupa metode pembelajaran kooperatif Project Based Learning sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu : rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas 7A dan Kelas 8C SD Negeri 4 Sumberbendo Pucanglaban Semester 2 tahun pelajaran 2019/2020. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Supervisi Klinis Evaluasi Hasil Belajar untuk Guru Kelas memiliki dampak positif dalam meningkatkan kualitas Guru Kelas dalam membuat Evaluasi Hasil Belajar dalam setiap siklus, yaitu siklus I naik 21,0%, siklus II naik 23,6%. Simpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran model Project Based Learning dapat berpengaruh positif terhadap prestasi dan motivasi belajar siswa SD Negeri 4 Sumberbendo Pucanglaban, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative pembelajaran Mata Pelajaran/Kelas.
|
|
Publisher |
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
|
|
Date |
2022-03-01
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jtpdm/article/view/314
10.28926/jtpdm.v2i1.314 |
|
Source |
Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah; Vol 2 No 1 (2022): Volume 2, Nomor 1, Maret 2022; 64-68
10.28926/jtpdm.v2i1 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jtpdm/article/view/314/236
|
|
Rights |
Copyright (c) 2022 Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah
|
|