Seminar Ilmiah Laporan Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru Bidang Studi di SD Negeri 1 Pucanglaban Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020
Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Seminar Ilmiah Laporan Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru Bidang Studi di SD Negeri 1 Pucanglaban Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020
|
|
Creator |
Muchlison, Adib
|
|
Description |
Setiap guru hendaknya mampu menghasilkan karya tulis ilmiah seperti Penelitian Tindakan Kelas, artikel, buku teks, modul, penelitian dan lain-lain. PTK ini sangat bermanfaat bagi pengembangan profesi guru dan juga proses pendidikan. pengembangan profesi guru dapat berupa penambahan angka kredit bagi jabatan guru, Angka Kredit Guru apabila diperhatikan dapat sebagai alat untuk memotivasi para guru dalam mencapai prestasi setinggi-tingginya. Seminar Peningkatan Pengembangan Profesi Guru Bidang Studi dalam pembuatan Laporan PTK dilatar belakangi oleh masih terdapat guru yang merasa menulis Laporan PTK yang dianggap sulit. Beberapa guru belum mengetahui cara-cara pembuatan Laporan PTK. Rumusan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah kemampuan guru dalam membuat Laporan PTK sebagai sarana pengembangan profesi guru melalui Seminar pada Guru Bidang Studi di SD Negeri 1 Pucanglaban? (2) Bagaimanakah pengaruh Seminar pembuatan Laporan PTK sebagai sarana pengembangan profesi guru terhadap Guru Bidang Studi di SD Negeri 1 Pucanglaban? (3) Bagaimanakah hasil yang dicapai oleh Guru Bidang Studi di SD Negeri 1 Pucanglaban dalam membuat Laporan PTK sebagai sarana pengembangan profesi guru?. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mendeskripsikan kemampuan Guru Bidang Studi di SD Negeri 1 Pucanglaban dalam membuat Laporan PTK sebagai sarana pengembangan profesi guru melalui Seminar.(2) Meningkatan kemampuan Guru Bidang Studi di SD Negeri 1 Pucanglaban dalam membuat Laporan PTK sebagai sarana pengembangan profesi guru melalui Seminar. (3) Mendeskripsikan hasil peningkatan kemampuan Guru Bidang Studi di SD Negeri 1 Pucanglaban dalam membuat Laporan PTK sebagai sarana pengembangan profesi guru melalui Seminar. Dalam menyusun, mengembangkan Laporan PTK melalui Seminar ilmiah dengan menggunakan penelitian tindakan sekolah (PTS) dengan dua siklus yang masing-masing siklusnya terdiri dari tahap (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan perbaikan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) sebelum diadakan Seminar guru hanya mendapatkan kategori nilai cukup artinya sebagian belum paham, setelah diadakan Seminar dua kali pada tanggal 25 Maret dan 2 April 2020 terjadi peningkatan dalam pemahaman membuat Laporan PTK. Penilaian melalui Rubrik Penilaian Pembuatan Laporan PTK pada siklus 1 yang mendapat kategori cukup, dan hasil penilaian pada siklus kedua mencapai baik, dan (b) aktivitas guru dalam mengikuti Seminar pembuatan Laporan PTK yang lengkap dan sistematis pada siklus kedua lebih baik daripada pada saat siklus kesatu.
|
|
Publisher |
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
|
|
Date |
2022-03-01
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jtpdm/article/view/313
10.28926/jtpdm.v2i1.313 |
|
Source |
Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah; Vol 2 No 1 (2022): Volume 2, Nomor 1, Maret 2022; 58-63
10.28926/jtpdm.v2i1 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jtpdm/article/view/313/235
|
|
Rights |
Copyright (c) 2022 Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah
|
|