Record Details

Seminar Ilmiah Laporan Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru Bidang Studi di SD Negeri 1 Pucanglaban Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020

Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Seminar Ilmiah Laporan Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru Bidang Studi di SD Negeri 1 Pucanglaban Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020
 
Creator Muchlison, Adib
 
Description Setiap guru hendaknya mampu menghasilkan karya tulis ilmiah seperti Penelitian Tindakan Kelas, artikel, buku teks, modul, penelitian dan lain-lain. PTK ini  sangat bermanfaat bagi pengembangan profesi guru dan juga proses pendidikan. pengembangan profesi guru dapat berupa penambahan angka kredit bagi jabatan guru, Angka Kredit Guru apabila diperhatikan dapat sebagai alat untuk memotivasi para guru dalam mencapai prestasi setinggi-tingginya. Seminar Peningkatan Pengembangan Profesi Guru Bidang Studi dalam pembuatan Laporan PTK dilatar belakangi oleh masih terdapat guru yang merasa menulis Laporan PTK yang dianggap sulit. Beberapa guru belum mengetahui cara-cara pembuatan Laporan PTK. Rumusan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah kemampuan guru dalam membuat Laporan PTK sebagai sarana pengembangan profesi guru melalui Seminar pada Guru Bidang Studi di SD Negeri 1 Pucanglaban? (2) Bagaimanakah pengaruh Seminar pembuatan Laporan PTK sebagai sarana pengembangan profesi guru terhadap Guru Bidang Studi di SD Negeri 1 Pucanglaban? (3) Bagaimanakah hasil yang dicapai oleh Guru Bidang Studi di SD Negeri 1 Pucanglaban dalam membuat Laporan PTK sebagai sarana pengembangan profesi guru?. Tujuan  penelitian ini adalah untuk (1) Mendeskripsikan kemampuan Guru Bidang Studi di SD Negeri 1 Pucanglaban dalam membuat Laporan PTK sebagai sarana pengembangan profesi guru melalui Seminar.(2) Meningkatan kemampuan Guru Bidang Studi di SD Negeri 1 Pucanglaban dalam membuat Laporan PTK sebagai sarana pengembangan profesi guru melalui Seminar. (3) Mendeskripsikan hasil peningkatan kemampuan Guru Bidang Studi di SD Negeri 1 Pucanglaban dalam membuat Laporan PTK sebagai sarana pengembangan profesi guru melalui Seminar. Dalam menyusun, mengembangkan Laporan PTK melalui Seminar ilmiah  dengan menggunakan  penelitian tindakan sekolah (PTS) dengan dua siklus yang masing-masing siklusnya terdiri dari tahap (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan perbaikan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) sebelum diadakan Seminar guru hanya mendapatkan kategori nilai cukup artinya sebagian belum paham, setelah diadakan Seminar dua kali pada tanggal 25 Maret dan 2 April 2020 terjadi peningkatan dalam pemahaman membuat Laporan PTK. Penilaian melalui Rubrik Penilaian Pembuatan Laporan PTK pada siklus 1 yang mendapat kategori  cukup, dan hasil penilaian pada siklus kedua mencapai  baik, dan (b) aktivitas guru dalam mengikuti Seminar pembuatan Laporan PTK yang lengkap dan sistematis pada siklus kedua lebih baik daripada pada saat siklus kesatu.
 
Publisher Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
 
Date 2022-03-01
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jtpdm/article/view/313
10.28926/jtpdm.v2i1.313
 
Source Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah; Vol 2 No 1 (2022): Volume 2, Nomor 1, Maret 2022; 58-63
10.28926/jtpdm.v2i1
 
Language eng
 
Relation https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jtpdm/article/view/313/235
 
Rights Copyright (c) 2022 Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah