Workshop Publikasi Artikel Jurnal untuk Menunjang Profesionalisme Guru Kelas Di SD Negeri 3 Demuk Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020
Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Workshop Publikasi Artikel Jurnal untuk Menunjang Profesionalisme Guru Kelas Di SD Negeri 3 Demuk Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020
|
|
Creator |
Nafi’ah, Siti
|
|
Description |
Publikasi artikel ini sangat bermanfaat bagi peningkatan profesionalisme Guru dan juga proses pendidikan. peningkatan profesionalisme Guru dapat berupa penambahan angka kredit bagi jabatan guru. Workshop pengoptimalan pembuatan artikel jurnal untuk publikasi dilatarbelakangi oleh hasil survei di lapangan tentang masih minimnya jurnal guru - guru Kelas SD Negeri 3 Demuk dan banyaknya golongan kepangkatan yang tidak lancar di Kabupaten Tulungagung dikarenakan kurang mampunya guru menulis artikel di Jurnal yang merupakan permasalahan yang utama bagi kebanyakan guru-Guru Kelas di SD Negeri 3 Demuk. Rumusan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah workshop dalam membuat Artikel Jurnal digunakan sebagai sarana peningkatan profesionalisme guru pada Guru Kelas di SD Negeri 3 Demuk? (2) Bagaimanakah pengaruh Workshop pembuatan Artikel Jurnal sebagai motivasi peningkatan profesionalisme guru terhadap Guru Kelas di SD Negeri 3 Demuk? (3) Bagaimanakah hasil yang dicapai oleh Guru Kelas di SD Negeri 3 Demuk dalam membuat Artikel Jurnal sebagai sarana peningkatan profesionalisme guru?. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mendeskripsikan peningkatan profesionalisme Guru Kelas di SD Negeri 3 Demuk dalam membuat Artikel Jurnal melalui workshop. (2) Meningkatan profesionalisme Guru Kelas di SD Negeri 3 Demuk dalam membuat Artikel Jurnal melalui workshop. (3) Mendeskripsikan hasil peningkatan profesionalisme Guru Kelas di SD Negeri 3 Demuk dalam membuat Artikel Jurnal melalui workshop. Dalam menyusun, mengembangkan Artikel Jurnal melalui workshop dengan menggunakan penelitian tindakan sekolah (PTS) dengan dua siklus yang masing-masing siklusnya terdiri dari tahap (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan perbaikan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) sebelum diadakan workshop guru hanya mendapatkan kategori nilai cukup artinya sebagian belum paham, setelah diadakan workshop dua kali pada tanggal 25 Februari dan 4 Maret 2020 terjadi peningkatan dalam pemahaman membuat Artikel Jurnal. dan (b) aktivitas guru dalam mengikuti workshop pembuatan Artikel Jurnal yang lengkap dan sistematis pada siklus kedua lebih baik daripada pada saat siklus kesatu. Berdasarkan hasil penelitian ini penulis merekomendasikan kepada Guru Binaan Bidang Studi di kabupaten Tulungagung agar mengoptimalkan perannya sebagai pendidik yang profesional dengan mengembangkan pembuatan Artikel Jurnal agar profesi keguruan dapat berkembang
|
|
Publisher |
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
|
|
Date |
2022-03-01
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jtpdm/article/view/312
10.28926/jtpdm.v2i1.312 |
|
Source |
Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah; Vol 2 No 1 (2022): Volume 2, Nomor 1, Maret 2022; 51-57
10.28926/jtpdm.v2i1 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jtpdm/article/view/312/234
|
|
Rights |
Copyright (c) 2022 Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah
|
|