Peningkatan Ketrampilan Mengajar Guru Kelas SDN 3 Pucanglaban melalui Guru Model dengan Aktivitas Membaca dan Berfikir Langsung Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019
Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Peningkatan Ketrampilan Mengajar Guru Kelas SDN 3 Pucanglaban melalui Guru Model dengan Aktivitas Membaca dan Berfikir Langsung Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019
|
|
Creator |
Karsiyati, Yiyik
|
|
Description |
Pembelajaran Bahasa Indonesia tidak lagi mengutamakan pada penyerapan melalui pencapaian informasi, tetapi lebih mengutamakan pada pengembangan kemampuan dan pemrosesan informasi. Aktivitas Membaca dan Berfikir Langsung adalag metode untuk mendukung dalam peningkatan membaca eksensif karena metode ini cukup sederhana, terdiri dari tiga tahap, yaitu Preview, Read, dan Review. Penelitian ini berdasarkan permasalahan: (1) Bagaimanakah peningkatan ketrampilan mengajar Guru Kelas dengan diterapkannya metode pembelajaran Guru model dengan Aktivitas Membaca dan Berfikir Langsung di SD Negeri 3 Pucanglaban? (2) Bagaimanakah pengaruh metode pembelajaran guru model dengan Aktivitas Membaca dan Berfikir Langsung terhadap motivasi guru untuk lebih terampil mengajar di SD Negeri 3 Pucanglaban? (3) Bagaimanakah hasil belajar siswa setelah diterapkannya metode pembelajaran guru model dengan Aktivitas Membaca dan Berfikir Langsung di SDN 3 Pucanglaban. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mendeskripsikan peningkatan ketrampilan mengajar Guru Kelas setelah melaksanakan program Bahasa Indonesia dengan diterapkannya metode pembelajaran Guru model dengan Aktivitas Membaca dan Berfikir Langsung di SD Negeri 3 Pucanglaban.(2) Meningkatan motivasi mengajar Guru Kelas dengan diterapkannya metode pembelajaran Guru model dengan Aktivitas Membaca dan Berfikir Langsung di SD Negeri 3 Pucanglaban.(3) Mendeskripsikan hasil belajar siswa, setelah Guru Kelas melaksanakan program Bahasa Indonesia dengan menerapkan metode pembelajaran Guru model dengan Aktivitas Membaca dan Berfikir Langsung di SD Negeri 3 Pucanglaban. Penelitian ini menggunakan metode pembelajaran Guru model dengan Aktivitas Membaca dan Berfikir Langsung sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu : rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas V dan VI SD Negeri 3 Pucanglaban Semester 2 tahun pelajaran 2018/2019. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus I naik 30,3% dan 33,4%, serta siklus II naik 21,2% dan 21,2%. Simpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran Guru model dengan Aktivitas Membaca dan Berfikir Langsung dapat berpengaruh positif terhadap ketrampilan mengajar guru serta dapat meningkatkan prestasi dan motivasi belajar Bahasa Indonesia siswa SDN 3 Pucanglaban, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative pembelajaran Bahasa Indonesia.
|
|
Publisher |
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
|
|
Date |
2022-03-01
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jtpdm/article/view/311
10.28926/jtpdm.v2i1.311 |
|
Source |
Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah; Vol 2 No 1 (2022): Volume 2, Nomor 1, Maret 2022; 46-50
10.28926/jtpdm.v2i1 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jtpdm/article/view/311/228
|
|
Rights |
Copyright (c) 2022 Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah
|
|