Penerapan Metode Buzz Group dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika yang Memuat Operasi Hitung Bilangan Bulat dan Pecahan Pada Siswa Kelas VII-A Semester 1 SMP Negeri 2 Campurdarat Tulungagung Tahun Pelajaran 2019/2020
Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Penerapan Metode Buzz Group dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika yang Memuat Operasi Hitung Bilangan Bulat dan Pecahan Pada Siswa Kelas VII-A Semester 1 SMP Negeri 2 Campurdarat Tulungagung Tahun Pelajaran 2019/2020
|
|
Creator |
Nafisah, Zuhrotun
|
|
Description |
Berdasarkan hasil observasi di Kelas VII-A pada waktu pembelajaran Matematika diperoleh hasil bahwa hasil belajar siswa kurang memuaskan, yaitu dari 35 siswa hanya 14 siswa yang nilainya dapat mencapai KKM atau ≥ 70, sedangkan 21 siswa lainnya masih belum dapat mencapai KKM atau ≤ 69. Hal ini disebabkan guru kurang memberikan penekanan materi tentang operasi hitung bilangan bulat dan pecahan tersebut, setelah memberikan tugas kepada siswa, guru meninggalkan ruangan, guru tidak menggunakan strategi, maupun metode untuk mengembangkan kreatif siswa, serta banyak siswa yang bermain sendiri pada saat pembelajaran berlangsung. Salah satu upaya peningkatan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal tentang operasi hitung bilangan bulat dan pecahan serta untuk tercapainya tujuan pembelajaran perlu diadakan perbaikan pembelajaran dengan menerapkan Metode Buzz Group. Rumusan masalah penelitian ini yaitu Bagaimana penerapan Metode Buzz Group untuk meningkatkan hasil belajar Matematika yang memuat operasi hitung bilangan bulat dan pecahan pada Siswa Kelas VII-A SMP Negeri 2 Campurdarat Tulungagung. Apakah penerapan Metode Buzz Group dapat meningkatkan pemahaman Siswa pada Matematika yang memuat operasi hitung bilangan bulat dan pecahan Kelas VII-A SMP Negeri 2 Campurdarat Tulungagung. Dan apakah penerapan Metode Buzz Group dapat meningkatkan hasil belajar Matematika yang memuat operasi hitung bilangan bulat dan pecahan pada Siswa Kelas VII-A SMP Negeri 2 Campurdarat Tulungagung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa Kelas VII-A. Dalam penelitian ini peneliti sebagai guru (pengajar), guru kelas (mitra peneliti) sebagai observer proses pembelajaran Operasi hitung bilangan bulat dan pecahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Metode Buzz Group untuk meningkatkan Hasil belajar siswa pada materi Operasi hitung bilangan bulat dan pecahan siswa Kelas VII-A SMP Negeri 2 Campurdarat Tulungagung mempunyai kriteria keberhasilan baik. Hal ini dibuktikan adanya peningkatan Hasil belajar siswa berdasarkan nilai post test per siklus dengan nilai di atas KKM yaitu persentase pada siklus I 62,9% dan pada siklus II 85,7%. Simpulan yaitu penerapan pembelajaran operasi hitung bilangan bulat dan pecahan melalui Metode Buzz Group dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas VII-A SMP Negeri 2 Campurdarat Tulungagung dan dapat mempermudah siswa dalam menyelesaikan persoalan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan.
|
|
Publisher |
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
|
|
Date |
2022-03-01
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jtpdm/article/view/310
10.28926/jtpdm.v2i1.310 |
|
Source |
Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah; Vol 2 No 1 (2022): Volume 2, Nomor 1, Maret 2022; 38-45
10.28926/jtpdm.v2i1 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jtpdm/article/view/310/227
|
|
Rights |
Copyright (c) 2022 Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah
|
|