Record Details

Upaya Peningkatan Hasil Belajar pada Kegiatan Pembelajaran Daring Menggunakan Media Power Point di Kelas V SDN 2 Lawang Tahun Pelajaran 2020/2021

Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Upaya Peningkatan Hasil Belajar pada Kegiatan Pembelajaran Daring Menggunakan Media Power Point di Kelas V SDN 2 Lawang Tahun Pelajaran 2020/2021
 
Creator Kumayah, Siti
 
Description Penelitian ini dilatarbelakangi oleh randahnya perolehan hasil belajar peserta didik dikarenakan kesulitan belajar pada masa pandemi. Subjek penelitian dilakukan di kelas V dengan jumlah peserta didik 8 orang. Perbaikan di titik beratkan pada pemilihan pembelajaran daring menggunakan media powerpoint. Peserta didik akan lebih semangat belajar dikarenakan gambar-gambar yang disajikan menarik sehingga hasil belajarnya pun bisa meningkat. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun perangkat pembelajaran, melaksanakan praktik pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar peserta didik. Data  hasil  analisis  terhadap  hasil  pretes  peserta  didik  persentase tidak memenuhi syarat KKM. Hasil pembelajaran daring menggunakan media powerpoint   pada siklus I rata-rata peserta didik mencapai 73,12%, sedangkan pada siklus ke II rata-rata nilai peserta didik mencapai 83,125. Dari siklus satu ke siklus dua mengalami peningkatan 10,005%. sedangkan pada siklus III rata-rata nilai peserta didik adalah 89,37%. Ini menunjukkan peningkatan dari siklus dua ke siklus tiga sebesar 6, 25%. Peningkatan hasil belajar ini sebagai bukti bahwa pembelajaran daring menggunakan media powerpoint berhasil dilakukan.
 
Publisher Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
 
Date 2022-03-01
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jtpdm/article/view/309
10.28926/jtpdm.v2i1.309
 
Source Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah; Vol 2 No 1 (2022): Volume 2, Nomor 1, Maret 2022; 30-37
10.28926/jtpdm.v2i1
 
Language eng
 
Relation https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jtpdm/article/view/309/223
 
Rights Copyright (c) 2022 Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah