Upaya Peningkatan Prestasi Belajar serta Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris tentang Presenting A Report Using Functional Expressions in Front Of The Class pada Siswa Kelas XII-TKJ.3
Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Upaya Peningkatan Prestasi Belajar serta Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris tentang Presenting A Report Using Functional Expressions in Front Of The Class pada Siswa Kelas XII-TKJ.3
|
|
Creator |
Hanif, Moh
|
|
Description |
Mengembangkan anak didik untuk terus mampu berpikir harus dijadikan landasan pelaksanaan pengajaran dan pendidikan, termasuk pada pengajaran Bahasa Inggris. Kata Bahasa Inggris berasal dari bahasa Yunani, yaitu oikos dan nomos. Oikos berarti rumah tangga dan nomos berarti mengatur. Jadi secara harfiah berarti Bahasa Inggris berarti mengatur rumah tangga. Pengertian rumah tangga di sini tidaklah sesederhana seperti yang kita bayangkan, sebab di samping rumah tangga mempunyai pengertian rumah tangga keluarga atau rumah tangga konsumen, dapat juga berarti rimah tangga perusahaan atau rumah tangga negara, bahkan dapat berupa rumah tangga dunia. Prestasi adalah hasil yang diperoleh setelah siswa menjalankan usaha belajar, misalnya dapat menyelesaikan dengan baik suatu unit bahasan atau pelajaran tertentu dan lagi setiap murid dalam menyelesaikan pelajaran ini tidak dilaksanakan sama ada yang bergerak lebih cepat dari yang lain ada yang sangat lambat. Strategi Questions sebagai strategi belajar mengajar amat erat kaitannya dengan inkuiri dan penemuan. Pada prinsipnya ketiga – tiganya adalah menunjuk kepada suatu proses yang sukar dibedakan, namun demikian memang proses sedikit perbedaannya. Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri Sugihwaras Kabupaten Bojonegoro Tahun Pelajaran 2019/2020pada siswa Kelas XII-TKJ.3 Semester II. Obyek penelitian adalah siswa Kelas XII-TKJ.3 di SMK Negeri Sugihwaras Kabupaten Bojonegoro Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini dilakukan selama 2 bulan yaitu bulan Januari sampai bulan Pebruari tahun 2020 dengan jumlah siswa 25 Anak. Secara umum hasil yang didapatkan pada akhir siklus 2 dengan pembelajaran yang menggunakan strategi Questions prestasi belajar siswa mempelajari Bahasa Inggris yang dipelajari meningkat. Sebebelum tindakan nilai rata – rata siswa adalah : 58,2, sebelum siklus, setelah siklus 1 naik menjadi : 73,2 dan siklus 2 prestasi belajar siswa meningkat adalah : 86,16. Dari dapat di simpulkan bahwa strategi Questions yang diterapkan ternyata dapat meningkatkan prestasi belajar dalam Mata Pelajaran Bahasa Inggris khususnya pada siswa Kelas XII-TKJ.3 di SMK Negeri Sugihwaras Kabupaten Bojonegoro Tahun Pelajaran 2019/2020. Untuk lebih jelasnya penulis telah uraikan semua hasil prestasi belajar Mata Pelajaran Bahasa Inggris siswa Kelas XII-TKJ.3 SMK Negeri Sugihwaras Kabupaten Bojonegoro.
|
|
Publisher |
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
|
|
Date |
2022-03-01
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jtpdm/article/view/307
10.28926/jtpdm.v2i1.307 |
|
Source |
Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah; Vol 2 No 1 (2022): Volume 2, Nomor 1, Maret 2022; 16-22
10.28926/jtpdm.v2i1 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jtpdm/article/view/307/221
|
|
Rights |
Copyright (c) 2022 Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah
|
|