Record Details

Upaya Peningkatan Prestasi Belajar serta Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris tentang Presenting A Report Using Functional Expressions in Front Of The Class pada Siswa Kelas XII-TKJ.3

Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Upaya Peningkatan Prestasi Belajar serta Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris tentang Presenting A Report Using Functional Expressions in Front Of The Class pada Siswa Kelas XII-TKJ.3
 
Creator Hanif, Moh
 
Description Mengembangkan anak didik untuk terus mampu berpikir harus dijadikan landasan pelaksanaan pengajaran dan pendidikan, termasuk pada pengajaran Bahasa Inggris. Kata Bahasa Inggris  berasal dari bahasa Yunani, yaitu oikos dan nomos. Oikos berarti rumah tangga dan nomos berarti mengatur. Jadi secara harfiah berarti Bahasa Inggris  berarti mengatur rumah tangga. Pengertian rumah tangga di sini tidaklah sesederhana seperti yang kita bayangkan, sebab di samping rumah tangga mempunyai pengertian rumah tangga keluarga atau rumah tangga konsumen, dapat juga berarti rimah tangga perusahaan atau rumah tangga negara, bahkan dapat berupa rumah tangga dunia. Prestasi adalah hasil yang diperoleh setelah siswa menjalankan usaha belajar, misalnya dapat menyelesaikan dengan baik suatu unit bahasan atau pelajaran tertentu dan lagi setiap murid dalam menyelesaikan pelajaran ini tidak dilaksanakan sama ada yang bergerak lebih cepat dari yang lain ada yang sangat lambat. Strategi Questions sebagai strategi belajar mengajar amat erat kaitannya dengan inkuiri dan penemuan. Pada prinsipnya ketiga – tiganya adalah menunjuk kepada suatu proses yang sukar dibedakan, namun demikian memang proses sedikit perbedaannya. Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri Sugihwaras Kabupaten Bojonegoro Tahun Pelajaran 2019/2020pada siswa Kelas XII-TKJ.3 Semester II. Obyek penelitian adalah siswa Kelas XII-TKJ.3 di SMK Negeri Sugihwaras   Kabupaten Bojonegoro Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini dilakukan selama 2 bulan yaitu bulan Januari sampai bulan Pebruari tahun 2020 dengan jumlah siswa 25 Anak. Secara umum hasil yang didapatkan pada akhir siklus 2 dengan pembelajaran yang menggunakan strategi Questions prestasi belajar siswa mempelajari Bahasa Inggris  yang dipelajari meningkat. Sebebelum tindakan nilai rata – rata siswa adalah : 58,2, sebelum siklus, setelah siklus 1 naik menjadi : 73,2  dan siklus 2 prestasi belajar siswa meningkat adalah : 86,16. Dari dapat di simpulkan bahwa strategi Questions yang diterapkan  ternyata dapat meningkatkan prestasi belajar dalam Mata Pelajaran Bahasa Inggris  khususnya pada siswa Kelas XII-TKJ.3 di SMK Negeri Sugihwaras   Kabupaten Bojonegoro Tahun Pelajaran 2019/2020. Untuk lebih jelasnya penulis telah uraikan semua hasil prestasi belajar Mata Pelajaran Bahasa Inggris siswa Kelas XII-TKJ.3   SMK Negeri Sugihwaras   Kabupaten Bojonegoro.
 
Publisher Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
 
Date 2022-03-01
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jtpdm/article/view/307
10.28926/jtpdm.v2i1.307
 
Source Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah; Vol 2 No 1 (2022): Volume 2, Nomor 1, Maret 2022; 16-22
10.28926/jtpdm.v2i1
 
Language eng
 
Relation https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jtpdm/article/view/307/221
 
Rights Copyright (c) 2022 Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah