Record Details

Penerapan Metode Problem Based Learning pada Pembelajaran PPKn untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Memahami Sistem Hukum di Indonesia Kelas XI IPA 2 SMA Negeri Model Terpadu Bojonegoro Semester I Tahun Pelajaran 2019/2020

Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Penerapan Metode Problem Based Learning pada Pembelajaran PPKn untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Memahami Sistem Hukum di Indonesia Kelas XI IPA 2 SMA Negeri Model Terpadu Bojonegoro Semester I Tahun Pelajaran 2019/2020
 
Creator Amirullati, Amirullati
 
Description Berpikir kreatif dapat berupa pemikiran imajinatif, menghasilkan banyak kemungkinan solusi, berbeda, dan bersifat lateral. Keterampilan berpikir kritis dan kreatif berperan penting dalam mempersiapkan peserta didik agar menjadi pemecah masalah yang baik dan mampu membuat keputusan maupun kesimpulan yang matang dan mampu dipertanggungjawabkan secara akademis. Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi sebagai Problem solving. Keterampilan yang memiliki keinginan kuat untuk dapat memecahkan masalah muncul pada kehidupan sehari-hari. Peserta didik secara individu akan memiliki keterampilan pemecahan masalah yang berbeda dan dipengaruhi oleh beberapa faktor. Hasil pengamatan dikelas menunjukkan 85% siswa belum mampu melakukan keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS). Hal ini dibuktikan dengan hasil nilai belajar memenuhi kriteria ketuntasan minimal pada mata pelajaran IPS hanya diperoleh 15% siswa dikelas. Tujuan dari pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah penerapan metode Problem Based Learning pada pembelajaran PPKn untuk meningkatkan kemampuan siswa memahami sistem hukum di Indonesia kelas XI IPA 2 SMA Negeri Model Terpadu Bojonegoro semester I tahun pelajaran 2019/2020. Efektivitas Problem Based Learning mampu meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri Model Terpadu Bojonegoro tahun pelajaran 2019/2020. Dengan meningkatkanya keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa maka kemampuan siswa dalam memahami sistem hukum di Indonesia mengalami peningkatan. Hal tersebut secara langsung mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran PPKn.
 
Publisher Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
 
Date 2022-03-01
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jtpdm/article/view/304
10.28926/jtpdm.v2i1.304
 
Source Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah; Vol 2 No 1 (2022): Volume 2, Nomor 1, Maret 2022; 1-8
10.28926/jtpdm.v2i1
 
Language eng
 
Relation https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jtpdm/article/view/304/219
 
Rights Copyright (c) 2022 Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah