Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Benda Terapung, Melayang dan Tenggelam Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing
Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Benda Terapung, Melayang dan Tenggelam Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing
|
|
Creator |
Supratiknyo, Puguh
|
|
Description |
Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan hasil belajar IPA Materi Benda Terapung, Melayang Dan Tenggelam melalui model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. (2) Mendeskripsikan pelaksanaan model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini bertempat di kelas VII-C UPTD SMP Negeri 3 Grogol Kabupaten Kediri. Waktu penelitian mulai tanggal 09 Januari 2017 sampai dengan tanggal, 18 Maret 2017, dengan subjek 33 siswa. Prosedur dalam penelitian ini adalah: (1) perencanaan; (2) pelaksanaan tindakan; (3) obsevasi; (4) evaluasi; dan (5) refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, dan tiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru awal penelitian mencapai 62,96% kualifikasi Cukup (C) pada akhir penelitian meningkat menjadi 92,59% dengan kualifikasi Amat Baik (A). Demikian juga aktivitas siswa yang dilaksanakan secara kelompok awal penelitian baru mencapai rata-rata 56,25% dengan kualifikasi Cukup (C) pada akhir penelitian berangsur-angsur naik menjadi 89,46% dengan kualifikasi Amat Baik (A). Hasil belajar matematika materi bangun ruang sisi lengkung pada siklus I nilai rata-rata siklus I, 74,85 pada siklus II meningkat menjadi 81,82. Sedangkan ketuntasan belajar siklus I baru tercapai 66,67% (22 siswa) pada siklus II meningkat menjadi 93,94% (31 siswa). tingga 2 siswa (6,06%) dinyatakan tidak tuntas. Dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa, melalui model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi benda terapung, melayang dan tenggelam pada siswa kelas VII-C UPTD SMP Negeri 3 Grogol Kabupaten Kediri Semester II Tahun pelajaran 2016/2017.
|
|
Publisher |
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
|
|
Date |
2021-12-29
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jtpdm/article/view/245
|
|
Source |
Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah; Vol 1 No 2 (2021): Volume 1, Nomor 2, Desember 2021; 290-301
|
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jtpdm/article/view/245/169
|
|
Rights |
Copyright (c) 2022 Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah
|
|