Record Details

Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Benda Terapung, Melayang dan Tenggelam Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing

Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Benda Terapung, Melayang dan Tenggelam Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing
 
Creator Supratiknyo, Puguh
 
Description Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan hasil belajar IPA Materi Benda Terapung, Melayang Dan Tenggelam melalui model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. (2) Mendeskripsikan pelaksanaan model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini bertempat di kelas VII-C UPTD SMP Negeri 3 Grogol Kabupaten Kediri. Waktu penelitian mulai tanggal 09 Januari 2017 sampai dengan tanggal, 18 Maret 2017, dengan subjek 33 siswa. Prosedur dalam penelitian ini adalah: (1) perencanaan; (2) pelaksanaan tindakan; (3) obsevasi; (4) evaluasi; dan (5) refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, dan tiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru awal penelitian mencapai 62,96% kualifikasi Cukup (C) pada akhir penelitian meningkat menjadi 92,59% dengan kualifikasi Amat Baik (A). Demikian juga aktivitas siswa yang dilaksanakan secara kelompok awal penelitian baru mencapai rata-rata  56,25% dengan kualifikasi Cukup (C) pada akhir penelitian berangsur-angsur naik menjadi 89,46% dengan kualifikasi Amat Baik (A). Hasil belajar matematika materi bangun ruang sisi lengkung pada siklus I nilai rata-rata siklus I, 74,85 pada siklus II meningkat menjadi 81,82. Sedangkan ketuntasan belajar  siklus I baru tercapai 66,67% (22 siswa) pada siklus II meningkat menjadi 93,94% (31 siswa). tingga 2 siswa (6,06%) dinyatakan tidak tuntas. Dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa, melalui model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi benda terapung, melayang dan tenggelam pada siswa kelas VII-C UPTD SMP Negeri 3 Grogol Kabupaten Kediri Semester II Tahun pelajaran 2016/2017.
 
Publisher Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
 
Date 2021-12-29
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jtpdm/article/view/245
 
Source Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah; Vol 1 No 2 (2021): Volume 1, Nomor 2, Desember 2021; 290-301
 
Language eng
 
Relation https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jtpdm/article/view/245/169
 
Rights Copyright (c) 2022 Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah