Penerapan Metode Pembelajaran Take And Give Dalam Pembelajaran Matematika Materi Peluang Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Penerapan Metode Pembelajaran Take And Give Dalam Pembelajaran Matematika Materi Peluang Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
|
|
Creator |
Rofiq, Abdul
|
|
Description |
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan metode pembelajaran take and give dalam pembelajaran matematika materi peluang untuk meningkatkan hasil belajar siswa. 2) Mendeskripsikan Pelaksanaan metode pembelajaran take and give dalam pembelajaran matematika materi peluang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). Salah satu cara untuk mengembangkan pembelajaran di kelas agar siswa aktif dalam pembelajaran adalah dengan cara mengembangkan pembelajaran aktif, metode yang tepat untuk digunakan adalah metode pembelajaran Take and Give. Pembelajaran Take and Give memiliki beberapa langkah, yaitu diawali dari membuat kartu-kartu yang akan dibagikan kemasing-masing siswa. Kartu-kartu itu berisi satu buah materi pelajaran yang akan diajarkan. Tugas siswa adalah mencari kartu lain yang berisi materi lain selain materi yang ada di kartu mereka. Kemudian siswa diminta untuk mempelajari dan mengajarkan kartu yang mereka miliki ke siswa lain. Berdasarkan hasil penelitian ini terlihat bahwa metode pembelajaran Take and Give mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX J UPTD SMP Negeri 1 Gurah Kabupaten Kediri di pelajaran Matematika dalam standar kompetensi Memahami peluang kejadian sederhana. Hal tersebut ditandai dengan nilai hasil postetst yang diisi oleh siswa. Indikator keberhasilan dari penelitian ini adalah terdapat 75% siswa yang lolos KKM.Pada prasiklus terdapat 58% (15 siswa) tuntas KKM. Lalu, pada siklus I terdapat 73% (19 siswa) tuntas KKM.Kemudian, pada siklus II terdapat 88% (23 siswa) tuntas KKM. Data tersebut memperlihatkan terjadi peningkatan dari prasiklus sampai siklus II. Dan keberhasilan penelitian sesuai dengan indikator keberhasilan didapat saat siklus II, yaitu 88% siswa tuntas KKM atau lebih dari 75% siswa tuntas KKM. Nilai rata-rata unjuk kerja siswa di setiap siklus mengalami kenaikan.Pada prasiklus nilai rata-rata siswa hanya 76,9 atau masih di bawah KKM. Pada siklus I nilai rata-rata siswa adalah 79,2 atau masih di bawah KKM. Pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 83,8 atau telah berada di atas KKM. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran Take and Give mampu meningkatkan nilai hasil belajar siswa pada pelajaran Matematika dalam standar kompetensi Melakukan pengolahan dan penyajian data di siswa kelas IX J UPTD SMP Negeri 1 Gurah Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2018/2019.
|
|
Publisher |
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
|
|
Date |
2021-12-29
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jtpdm/article/view/244
|
|
Source |
Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah; Vol 1 No 2 (2021): Volume 1, Nomor 2, Desember 2021; 275-289
|
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jtpdm/article/view/244/168
|
|
Rights |
Copyright (c) 2022 Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah
|
|