Record Details

Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Sebagai Upaya Peningkatan Pembelajaran Passing Bawah Bola Voli Pada Siswa VII C SMP Negeri 6 Kota Blitar Tahun Ajaran 2019/2020

Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Sebagai Upaya Peningkatan Pembelajaran Passing Bawah Bola Voli Pada Siswa VII C SMP Negeri 6 Kota Blitar Tahun Ajaran 2019/2020
 
Creator Kristianingsih, Yemi
 
Description Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran passing bawah bola voli melalui model pembelajaran discovery learning pada siswa kelas VIIC SMP Negeri 6 Kota Blitar Tahun Ajaran 2019/2020.Sesuai dengan tujuan dilakukannya penelitian ini, rancangan yang akan digunakan pada penelitian ini adalah rancangan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Menurut Issac (1971) dalam Masnur Muslich (2010: 144), penelitian tindakan kelas ini didesain untuk memecahkan masalah-masalah yang diaplikasikan secara langsung di dalam kelas. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan secara kolaboratif oleh peneliti dan observer, yang merupakan rekan guru PJOK dengan mengambil tempat di SMP Negeri 6 Kota Blitar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIC yang berjumlah 32 siswa terdiri dari 13 laki-laki dan 19 perempuan. Objek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah pembelajaran passing bawah permainan bola voli melalui penerapan model pembelajaran discovery learning. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa bahwa pembelajaran passing bawah melalui model pembelajaran kooperatif tipe discovery learning pada siswa kelas VIIC SMP Negeri 6 Kota Blitar Tahun Pelajaran 2019/2020 selama 2 siklus dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan hasil nilai keterampilan passing bawah bola voli siswa kelas VIIC pada awal penerapan model pembelajaran kooperatif tipe discovery learning telah mengalami peningkatan, dimana perolehan nilai rata-rata pada siklus I meningkat sebesar 8,59 point dari 63,28 pada kondisi awal menjadi 71,88, jumlah siswa yang memperoleh nilai mencapai KKM dan dinyatakan tuntas atau berhasil dalam pembelajaran pun meningkat dari 9 siswa pada kondisi awal menjadi 18 siswa pada siklus I dengan peningkatan sebanyak 9 siswa, dan persentase ketuntasan klasikal pun mengalami peningkatan dari 28% pada kondisi awal menjadi 28% pada siklus I dengan peningkatan sebesar 56%. Selanjutnya hasil yang diperoleh pada siklus II mengalami peningkatan dibandingkan hasil pada siklus I, dimana rata-rata kelas pada siklus I sebesar 71,88 mengalami peningkatan sebanyak 13,54 point menjadi 85,42 pada siklus I. Jumlah siswa yang tuntas pun mengalami peningkatan sebanyak 11 siswa, dimana pada siklus I terdapat 18 dari 32 siswa yang dinyatakan tuntas dengan memperoleh nilai mencapai KKM, mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 29 dari 32 siswa yang mencapai KKM. Persentase ketuntasan secara klasikal pun mengalami peningkatan dari 56% pada siklus I menjadi 91% pada siklus II. Karena perolehan nilai keterampilan passing bawah bola voli siswa VIIC pada siklus II telah memenuhi bahkan melebihi indikator keberhasilan penelitian yang ditetapkan untuk rata-rata kelas maupun persentase ketuntasan klasikal maka penelitian tindakan kelas dapat dikatakan berhasil dan dihentikan pada siklus II.
 
Publisher Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
 
Date 2021-12-29
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jtpdm/article/view/242
 
Source Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah; Vol 1 No 2 (2021): Volume 1, Nomor 2, Desember 2021; 251-264
 
Language eng
 
Relation https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jtpdm/article/view/242/166
 
Rights Copyright (c) 2022 Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah