Record Details

Peningkatan Kualitas Pembelajaran PPKN Tema 2 Tentang Aturan Yang Berlaku di Rumah. Melalui Model Make a Match Berbantuan Powerpoint Pada Siswa Kelas I

Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Peningkatan Kualitas Pembelajaran PPKN Tema 2 Tentang Aturan Yang Berlaku di Rumah. Melalui Model Make a Match Berbantuan Powerpoint Pada Siswa Kelas I
 
Creator Suryati, Enik
 
Description Tujuan PPKn adalah untuk menumbuhkan wawasan dan kesadaran bernegara, sikap  serta  perilaku  yang  cinta tanah  air  dan  bersendikan  kebudayaan  bangsa, wawasan nusantara, serta ketahanan nasional dalam diri para calon-calon penerus bangsa  yang  sedang dan  mengkaji  dan  akan  menguasai  imu  pengetahuaan  dan teknologi serta seni. Berdasarkan refleksi awal yang dilakukan bahwa guru kurang memanfaatkan media,  siswa juga tidak memperhatikan  penjelasan  dari  guru saat proses  pembelajaran.  Solusi  untuk  mengatasi  masalah  ini  dengan  menerapkan model   Kooperatif   Tipe   Make   A    Match   Berbantuan   Powerpoint    Model pembelajaran  ini,  merupakan  salah  satu  jenis  metode dalam  pembelajaran kooperatif. Make A Match  atau mencari  pasangan merupakan  salah  satu  teknik pembelajaran  kooperatif  yang bisa  mengembangkan  kemampuan  siswa  dan Keunggulan teknik  ini  adalah  mampu  menciptakan  suasana  belajar  aktif serta menyenangkan  bagi  siswa  dalam  mengikuti  pembelajaran.  Rumusan  masalah yaitu  apakah  dengan  menggunakan  model  Kooperatif Tipe  Make A  Match Berbantuan PowerPoint dapat meningkatkan Kualitas pelajaran PPKn?. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil  belajar  siswa. Variabel penelitian ini  adalah  keterampilan  guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PPKn. Penelitian  ini  adalah  penelitian  tindakan  kelas  yang  terdiri  dari  3  siklus dengan  tahapan  perencanaan,  pelaksanaan  tindakan,  observasi   dan    refleksi. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas  I SDN Menyono II  Kecamatan Kuripan Kabupaten Probolinggo. Teknik    pegumpulan   data   menggunakan   tes    dan   nontes.    Analisis    data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil  penelitian  pada siklus  I,  keterampilan  guru mendapat  jumlah  skor  81 dengan kategori guru kreatif, pada siklus  II meningkat menjadi 88 dengan kategori guru sangat kreatif, jumlah skor 94 dengan kategori guru sangat kreatif pada  siklus  III. Aktivitas siswa pada siklus  I mendapatkan  rata-rata  skor  81  dengan  kategori  siawa cukup aktif,  pada  siklus  II meningkat  rata-rata  skor menjadi  86  dengan  kategori  siswa aktif,  serta  rata-rata  skor 93  dengan  kategori  siswa sangat aktif  pada siklus  III.  Nilai hasil  belajar siswa pada  siklus  I sampai siklus III yaitu 63,08. 72,31, 81,51 dan ketuntasan  belajar siswa  sebesar  46,15%,  pada  siklus  II  ketuntasan  siswa  meningkat menjadi  69,23%,  serta  menjadi  100% pada siklus  III. Simpulan  pelaksanaan pembelajaran melalui  penerapan model    Kooperatif   model    Make   A    Match    Berbantuan   PowerPoint    dapat meningkatkan  keterampilan  guru,  aktivitas  siswa  dan  hasil  belajar  siswa  kelas I SDN Menyono II  Kecamatan Kuripan Kabupaten Probolinggo pada pembelajaran PKn. saran bagi guru untuk menerapkan model Make A Match  tidak  hanya  pada mata pelajaran  PPKn,  tetapi juga pada mata pelajaran lain agar lebih efektif dan efisien.
 
Publisher Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
 
Date 2021-12-29
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jtpdm/article/view/240
 
Source Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah; Vol 1 No 2 (2021): Volume 1, Nomor 2, Desember 2021; 242-250
 
Language eng
 
Relation https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jtpdm/article/view/240/165
 
Rights Copyright (c) 2022 Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah