Supervisi Akademik dalam Pembelajaran Inovatif Model Lingkungan Sekitar sebagai Sumber Belajar Guna Meningkatkan Kualitas Mengajar Guru Matematika di SD Negeri Pucanglaban 2 Kecamatan Pucanglaban Kabupaten Tulungagung
Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Supervisi Akademik dalam Pembelajaran Inovatif Model Lingkungan Sekitar sebagai Sumber Belajar Guna Meningkatkan Kualitas Mengajar Guru Matematika di SD Negeri Pucanglaban 2 Kecamatan Pucanglaban Kabupaten Tulungagung
|
|
Creator |
Prayitno, Nur Hadi
|
|
Description |
Mata pelajaran matematika kebanyakan menjadi mata pelajaran yang tidak disenangi, tidak sedikit siswa yang mengeluhkan betapa siswa dihadapkan pada masalah ketika mereka harus menyelesaikan soal Matematika, sehingga hasil belajar siswa menjadi tidak optimal. Untuk itu, digunakanlah media atau alat bantu sebagai komponen yang berasal dari lingkungan sekitar siswa, dapat memotivasi siswa untuk belajar dan sebagai alat yang digunakan untuk memberikan rangsangan bagi siswa agar terjadi proses belajar, sehingga kegiatan pembelajaran akan lebih efektif dan efisien. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) berupa Pembelajaran Inovatif Lingkungan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu : rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas 4 dan Kelas 6 SD Negeri Pucanglaban 2 Kecamatan Pucanglaban Kabupaten Tulungagung Semester 2 tahun pelajaran 2018/2019. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa peningkatan kualitas mengajar guru adalah dari siklus 1, aspek 1 naik 11,7%, aspek 2 naik 15,0, aspek 3 naik 10, 0% dan aspek 4 naik 18,3 dan siklus 2, aspek 1 naik 18,3%, aspek 2 naik 13,3%, aspek 3 naik 25% dan aspek 4 naik 16,7%. Selain itu hasil belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus I naik 33,3% dan 44,4%, siklus II naik 22,2% dan 16,7%. Simpulan dari penelitian ini adalah, Pembelajaran Inovatif Lingkungan ini tepat dan dapat menyelesaikan masalah peningkatan Kualitas Mengajar Guru Matematika di sekolah khususnya pada Guru Matematika di SD Negeri Pucanglaban 2 Kecamatan Pucanglaban Kabupaten Tulungagung. |
|
Publisher |
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
|
|
Date |
2021-12-29
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jtpdm/article/view/238
|
|
Source |
Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah; Vol 1 No 2 (2021): Volume 1, Nomor 2, Desember 2021; 217-228
|
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jtpdm/article/view/238/163
|
|
Rights |
Copyright (c) 2022 Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah
|
|