Record Details

Supervisi Akademik dalam Pembelajaran Inovatif Model Lingkungan Sekitar sebagai Sumber Belajar Guna Meningkatkan Kualitas Mengajar Guru Matematika di SD Negeri Pucanglaban 2 Kecamatan Pucanglaban Kabupaten Tulungagung

Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Supervisi Akademik dalam Pembelajaran Inovatif Model Lingkungan Sekitar sebagai Sumber Belajar Guna Meningkatkan Kualitas Mengajar Guru Matematika di SD Negeri Pucanglaban 2 Kecamatan Pucanglaban Kabupaten Tulungagung
 
Creator Prayitno, Nur Hadi
 
Description Mata pelajaran matematika kebanyakan menjadi mata pelajaran yang tidak disenangi, tidak sedikit siswa yang mengeluhkan betapa siswa dihadapkan pada masalah ketika mereka harus menyelesaikan soal Matematika, sehingga hasil belajar siswa menjadi tidak optimal. Untuk itu, digunakanlah media atau alat bantu sebagai komponen yang berasal dari lingkungan sekitar siswa, dapat memotivasi siswa untuk belajar dan sebagai alat yang digunakan untuk memberikan rangsangan bagi siswa agar terjadi proses belajar, sehingga kegiatan pembelajaran akan lebih efektif dan efisien.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) berupa Pembelajaran Inovatif Lingkungan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu : rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas 4 dan Kelas 6 SD Negeri Pucanglaban 2 Kecamatan Pucanglaban Kabupaten Tulungagung Semester 2 tahun pelajaran 2018/2019. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa peningkatan kualitas mengajar guru adalah dari siklus 1, aspek 1 naik 11,7%, aspek 2 naik 15,0, aspek 3 naik 10, 0% dan aspek 4 naik 18,3 dan siklus 2, aspek 1 naik 18,3%, aspek 2 naik 13,3%, aspek 3 naik 25% dan aspek 4 naik 16,7%. Selain itu hasil belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus I naik 33,3% dan 44,4%, siklus II naik 22,2% dan 16,7%. Simpulan dari penelitian ini adalah, Pembelajaran Inovatif Lingkungan ini tepat dan dapat menyelesaikan masalah peningkatan Kualitas Mengajar Guru Matematika di sekolah khususnya pada Guru Matematika di SD Negeri Pucanglaban 2 Kecamatan Pucanglaban Kabupaten Tulungagung.
 
Publisher Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
 
Date 2021-12-29
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jtpdm/article/view/238
 
Source Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah; Vol 1 No 2 (2021): Volume 1, Nomor 2, Desember 2021; 217-228
 
Language eng
 
Relation https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jtpdm/article/view/238/163
 
Rights Copyright (c) 2022 Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah