Record Details

Supervisi Akademik Proses Pembelajaran Dalam Rangka Meningkatkan Motivasi Kinerja Guru SD Negeri 1 Panggunguni Kecamatan Pucanglaban Kabupaten Tulungagung Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020

Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Supervisi Akademik Proses Pembelajaran Dalam Rangka Meningkatkan Motivasi Kinerja Guru SD Negeri 1 Panggunguni Kecamatan Pucanglaban Kabupaten Tulungagung Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020
 
Creator Nyamat, Nyamat
 
Description Penelitian Tindakan Sekolah ini membahas kualitas kompetensi pedagogik guru dalam menyusun dan mengembangkan Silabus serta RPP, guru diyakini mampu menciptakan pembelajaran yang aktif, kreatif, inovatif, interaktif, efektif dan menyenangkan. Upaya meningkatkan motivasi kinerja Guru SD dalam wilayah kepengawasan dalam menyusun  dan mengembangkan Silabus  dilatarbelakangi oleh (a) masih terdapat Guru Binaan Mata Pelajaran dalam wilayah kepengawasan yang belum paham apa sebenarnya Silabus  dan hubungannya dengan RPP (b) apa kegunaan Silabus  dalam pembuatan RPP (c)bagaimana menyusun Silabus dan mengembangkannya. (d) Masih ada guru  yang dalam penyusunannya kurang lengkap dan sistematis. Rumusan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah Supervisi Akademik Proses Pembelajaran guru-guru dalam rangka meningkatkan motivasi kinerja Guru melalui Workshop Pembuatan Silabus  pada Guru SD Negeri 1 Panggunguni Kecamatan PucanglabanKabupaten Tulungagung? (2) Bagaimanakah pengaruh Workshop Pembuatan Silabus sebagai sarana Supervisi Akademik Proses Pembelajaran SD dalam rangka meningkatkan motivasi kinerja Guru?. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) sebelum diadakan Workshop Pembuatan Silabus  guru hanya mendapatkan kategori nilai cukup artinya sebagian belum paham dan termotivasi kinerjanya, setelah diadakan Workshop Pembuatan Silabus  dua kali pada tanggal 16 September dan 27 September 2019 terjadi peningkatan dalam pemahaman menyusun  dan mengembangkan Silabus serta meningkatkan motivasi kinerja Guru. Penilaian melalui Rubrik Penilaian Silabus  pada siklus 1 yang mendapat kategori  cukup, dan hasil penilaian pada siklus kedua mencapai  baik, dan (b) aktivitas guru dalam mengikuti Workshop Pembuatan Silabus  penyusunan, pengembangan  Silabus yang lengkap dan sistematis serta peningkatan motivasi kinerja Guru pada siklus kedua lebih baik daripada pada saat siklus kesatu
 
Publisher Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
 
Date 2021-12-29
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jtpdm/article/view/236
 
Source Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah; Vol 1 No 2 (2021): Volume 1, Nomor 2, Desember 2021; 196-206
 
Language eng
 
Relation https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jtpdm/article/view/236/161
 
Rights Copyright (c) 2022 Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah