Penerapan Metode Discovery dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Pada Siswa Kelas V Semester 1 SD Negeri 1 Pucanglaban Tulungagung
Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Penerapan Metode Discovery dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Pada Siswa Kelas V Semester 1 SD Negeri 1 Pucanglaban Tulungagung
|
|
Creator |
Muchlison, Adib
|
|
Description |
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di Kelas V pada waktu pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan diperoleh hasil bahwa Hasil belajar siswa kurang memuaskan, yaitu dari 18 siswa hanya 5 siswa yang nilainya dapat mencapai KKM atau≥ 70, sedangkan 13 siswa lainnya masih belum dapat mencapai KKM atau ≤ 69. Hal ini disebabkan karenaguru kurang memberikan penekanan materi yang jelas tentang Tata urutan perundang-undangan Tingkat Pusat dan Daerah tersebut, setelah memberikan tugas kepada siswa, guru meninggalkan ruangan, guru tidak menggunakan strategi, maupun metode yang dapat digunakan untuk mengembangkan kreatif siswa, serta masih banyak siswa yang bermain sendiri pada saat pembelajaran berlangsung. Untuk itu agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal tentang Tata urutan perundang-undangan Tingkat Pusat dan Daerahsertauntuk tercapainya tujuan pembelajaran perlu diadakan perbaikan pembelajaran dengan menerapkan Metode Discovery. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa Kelas V. Dalam penelitian ini peneliti sebagai guru (pengajar), guru kelas (mitra peneliti) sebagai observerproses pembelajaran Tata urutan perundang-undangan Tingkat Pusat dan Daerah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Metode Discovery untuk meningkatkan Hasil belajar siswa pada materi Tata urutan perundang-undangan Tingkat Pusat dan Daerahsiswa Kelas VBSD Negeri 1 Pucanglaban Tulungagung mempunyai kriteria keberhasilan baik. Hal inidibuktikan dengan adanya peningkatan Hasil belajar siswa berdasarkan nilai post test per siklus dengan nilai di atas KKM yaitu persentase pada siklus I 50,0%dan pada siklus II88,9%. Simpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah bahwa penerapan pembelajaran Tata urutan perundang-undangan Tingkat Pusat dan Daerahmelalui Metode Discovery dapat meningkatkan Hasil belajar siswa Kelas VSD Negeri 1 Pucanglaban Tulungagungdan dapat mempermudah siswa dalam menyelesaikan persoalanTata urutan perundang-undangan Tingkat Pusat dan Daerah. Oleh karena itu guru menggunakan Metode Discoverydalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada materi Tata urutan perundang-undangan Tingkat Pusat dan Daerah agar Hasil belajar siswa meningkat.
|
|
Publisher |
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
|
|
Date |
2021-12-29
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jtpdm/article/view/234
|
|
Source |
Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah; Vol 1 No 2 (2021): Volume 1, Nomor 2, Desember 2021; 170-182
|
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jtpdm/article/view/234/159
|
|
Rights |
Copyright (c) 2022 Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah
|
|