Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPA Melalui Model Problem Based Learning Bagi Siswa Kelas VIIA SMP Negeri 1 Campurdarat Tahun Pelajaran 2018/2019
Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPA Melalui Model Problem Based Learning Bagi Siswa Kelas VIIA SMP Negeri 1 Campurdarat Tahun Pelajaran 2018/2019
|
|
Creator |
Krisanto, Krisanto
|
|
Description |
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktifitas dan hasil belajar IPA materi klasifikasi benda bagi siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Campurdarat Tahun Pelajaran 2018/2019 melalui penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini dilaksanakan SMP Negeri 1 Campurdarat pada tahun pelajaran 2018/2019 dengan subyek penelitian adalah siswa kelas VII A yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Metode yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Pada siklus I pembelajaran dilakukan dengan penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan kelompok besar yang beranggotan 7 orang, sedangkan pada siklus II penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan kelompok kecil yang masing-masing kelompok. Pada masing- masing siklus terdiri dari empat tahapan penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan deskriptif komparatif yang dilanjutkan refleksi. Deskriptif komparatif dilakukan dengan membandingkan data kondisi awal, siklus 1 dan siklus 2, baik untuk aktifitas belajar dan hasil belajar. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: Pertama, penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan aktifitas belajar IPA materi klasifikasi benda bagi siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Campurdarat pada semester 1 tahun pelajaran 2018/2019. Terbukti persentase jumlah siswa dalam kategori aktifitas belajar baik meningkat dari kondisi awal 18,75% menjadi 62,50% pada siklus I dan menjadi 87,50% pada siklus II atau pada kondisi akhir mengalami peningkatan sebesar 68,75% dari kondisi awal. Kedua, penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi klasifikasi benda bagi siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Campurdarat pada semester 2 tahun pelajaran 2018/2019. Terbukti persentase ketuntasan belajar siswa meningkat dari kondisi awal 18,75% menjadi 62,50% pada siklus I dan menjadi 84,38% pada siklus II atau pada kondisi akhir mengalami peningkatan sebesar 65,63% dari kondisi awal.
|
|
Publisher |
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
|
|
Date |
2021-12-29
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jtpdm/article/view/233
|
|
Source |
Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah; Vol 1 No 2 (2021): Volume 1, Nomor 2, Desember 2021; 164-169
|
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jtpdm/article/view/233/158
|
|
Rights |
Copyright (c) 2022 Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah
|
|