Record Details

Supervisi Akademik Proses Pembelajaran Dalam Rangka Meningkatkan Motivasi Kinerja Guru SD Negeri 1 Panggunguni Kecamatan Pucanglaban Kabupaten Tulungagung Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020

Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Supervisi Akademik Proses Pembelajaran Dalam Rangka Meningkatkan Motivasi Kinerja Guru SD Negeri 1 Panggunguni Kecamatan Pucanglaban Kabupaten Tulungagung Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020
 
Creator Nurudin, Bambang
 
Description Mengacu pada teori dan ketentuan peraturan perundang-undangan, Penelitian Tindakan Sekolah ini membahas kualitas kompetensi pedagogik guru dalam menyusun dan mengembangkan Silabus serta RPP, guru diyakini mampu menciptakan pembelajaran yang aktif, kreatif, inovatif, interaktif, efektif dan menyenangkan. Upaya meningkatkan motivasi kinerja Guru SD dalam wilayah kepengawasan dalam menyusun  dan mengembangkan Silabus  dilatarbelakangi oleh (a) masih terdapat Guru Binaan Mata Pelajaran dalam wilayah kepengawasan yang belum paham apa sebenarnya Silabus  dan hubungannya dengan RPP (b) apa kegunaan Silabus  dalam pembuatan RPP (c) bagaimana menyusun Silabus dan mengembangkannya. (d) Masih ada guru  yang dalam penyusunannya kurang lengkap dan sistematis. Tujuan  penelitian ini adalah untuk (1) Mendeskripsikan Supervisi Akademik Proses Pembelajaran Guru SD dalam rangka meningkatkan motivasi kinerja Guru melalui Workshop Pembuatan Silabus . (2) Meningkatan motivasi kinerja Guru Guru SD melalui Workshop Pembuatan Silabus (3) Mendeskripsikan hasil peningkatan kemampuan Guru SD dalam rangka meningkatkan motivasi kinerja Guru melalui Workshop Pembuatan Silabus dengan menggunakan  penelitian tindakan sekolah (PTS) dengan dua siklus yang masing-masing siklusnya terdiri dari tahap (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan perbaikan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) sebelum diadakan Workshop Pembuatan Silabus  guru hanya mendapatkan kategori nilai cukup artinya sebagian belum paham dan termotivasi kinerjanya, setelah diadakan Workshop Pembuatan Silabus  dua kali pada tanggal 16 September dan 27 September 2019 terjadi peningkatan dalam pemahaman menyusun  dan mengembangkan Silabus serta meningkatkan motivasi kinerja Guru. Penilaian melalui Rubrik Penilaian Silabus  pada siklus 1 yang mendapat kategori  cukup, dan hasil penilaian pada siklus kedua mencapai  baik, dan (b) aktivitas guru dalam mengikuti Workshop Pembuatan Silabus  penyusunan, pengembangan  Silabus yang lengkap dan sistematis serta peningkatan motivasi kinerja Guru pada siklus kedua lebih baik daripada pada saat siklus kesatu.
Berdasarkan hasil penelitian ini penulis merekomendasikan kepada Guru Binaan Mata Pelajaran dalam wilayah kepengawasan agar mengoptimalkan perannya sebagai perencana, pengorganisir, dan penilai pembelajaran, penyusunan Silabus agar terus dikembangkan dalam KKG/MGMP.
 
Publisher Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
 
Date 2021-12-29
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jtpdm/article/view/232
 
Source Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah; Vol 1 No 2 (2021): Volume 1, Nomor 2, Desember 2021; 150-163
 
Language eng
 
Relation https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jtpdm/article/view/232/157
 
Rights Copyright (c) 2022 Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah