Penerapan Metode Jigsaw dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS tentang Penanggulangan Permasalahan Kependudukan Pada Siswa Kelas VIII-C Semester I SMP Negeri 1 Pagerwojo Tulungagung Tahun Pelajaran 2018/2019
Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Penerapan Metode Jigsaw dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS tentang Penanggulangan Permasalahan Kependudukan Pada Siswa Kelas VIII-C Semester I SMP Negeri 1 Pagerwojo Tulungagung Tahun Pelajaran 2018/2019
|
|
Creator |
Yamini, Yamini
|
|
Description |
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di Kelas VIII-C pada waktu pembelajaran IPS diperoleh hasil bahwa Hasil belajar siswa kurang memuaskan, yaitu dari 33 siswa hanya 12 siswa yang nilainya dapat mencapai KKM atau ≥ 70, sedangkan 21 siswa lainnya masih belum dapat mencapai KKM atau ≤ 69. Hal ini disebabkan karena guru kurang memberikan penekanan materi yang jelas tentang Penanggulangan permasalahan kependudukan tersebut, setelah memberikan tugas kepada siswa, guru meninggalkan ruangan, guru tidak menggunakan strategi, maupun metode yang dapat digunakan untuk mengembangkan kreatif siswa, serta masih banyak siswa yang bermain sendiri pada saat pembelajaran berlangsung. Untuk itu agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal tentang Penanggulangan permasalahan kependudukan serta untuk tercapainya tujuan pembelajaran perlu diadakan perbaikan pembelajaran dengan menerapkan Metode Jigsaw. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa Kelas VIII-C. Dalam penelitian ini peneliti sebagai guru (pengajar), guru kelas (mitra peneliti) sebagai observer proses pembelajaran Penanggulangan permasalahan kependudukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Metode Jigsaw untuk meningkatkan Hasil belajar siswa pada materi Penanggulangan permasalahan kependudukan siswa Kelas VIII-C SMP Negeri 1 Pagerwojo Tulungagung mempunyai kriteria keberhasilan baik. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan Hasil belajar siswa berdasarkan nilai post test per siklus dengan nilai di atas KKM yaitu persentase pada siklus I 63,6% dan pada siklus II 90,9%. Simpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah bahwa penerapan pembelajaran Penanggulangan permasalahan kependudukan melalui Metode Jigsaw dapat meningkatkan Hasil belajar siswa Kelas VIII-C SMP Negeri 1 Pagerwojo Tulungagung dan dapat mempermudah siswa dalam menyelesaikan persoalan Penanggulangan permasalahan kependudukan. Oleh karena itu guru menggunakan Metode Jigsaw dalam pembelajaran IPS pada materi Penanggulangan permasalahan kependudukan agar Hasil belajar siswa meningkat. |
|
Publisher |
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
|
|
Date |
2021-12-29
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jtpdm/article/view/231
|
|
Source |
Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah; Vol 1 No 2 (2021): Volume 1, Nomor 2, Desember 2021; 138-149
|
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jtpdm/article/view/231/156
|
|
Rights |
Copyright (c) 2022 Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah
|
|