Record Details

Workshop Profesionalisme Guru Bidang Studi dalam Pengoptimalan Pembuatan Artikel Jurnal untuk Publikasi di SMP Negeri 2 Karangrejo Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019

Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Workshop Profesionalisme Guru Bidang Studi dalam Pengoptimalan Pembuatan Artikel Jurnal untuk Publikasi di SMP Negeri 2 Karangrejo Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019
 
Creator Yulianto, Totok
 
Description Setiap guru hendaknya mampu menghasilkan karya tulis ilmiah seperti artikel, makalah, buku teks, modul, penelitian dan lain-lain. Publikasi artikel ini sangat bermanfaat bagi peningkatan profesionalisme Guru dan juga proses pendidikan. peningkatan profesionalisme Guru dapat berupa penambahan angka kredit bagi jabatan guru, Angka Kredit Guru apabila diperhatikan dapat sebagai alat untuk memotivasi para guru dalam mencapai prestasi setinggi-tingginya. Workshop pengoptimalan pembuatan artikel jurnal untuk publikasi dilatarbelakangi oleh hasil survei di lapangan tentang masih minimnya jurnal guru-guru Bidang Studi SMP Negeri 2 Karangrejo dan banyaknya golongan kepangkatan yang tidak lancar di Kabupaten Tulungagung dikarenakan kurang mampunya guru menulis artikel di Jurnal yang merupakan permasalahan yang utama bagi kebanyakan guru-guru Bidang Studi di SMP Negeri 2 Karangrejo. Tujuan  penelitian ini adalah untuk (1) Mendeskripsikan peningkatan profesionalisme guru Bidang Studi di SMP Negeri 2 Karangrejo dalam membuat Artikel Jurnal melalui workshop. (2) Meningkatan profesionalisme guru Bidang Studi di SMP Negeri 2 Karangrejo dalam membuat Artikel Jurnal melalui workshop. (3) Mendeskripsikan hasil peningkatan profesionalisme guru Bidang Studi di SMP Negeri 2 Karangrejo dalam membuat Artikel Jurnal melalui workshop. Dalam menyusun, mengembangkan Artikel Jurnal melalui workshop dengan menggunakan  penelitian tindakan sekolah (PTS) dengan dua siklus yang masing-masing siklusnya terdiri dari tahap (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan perbaikan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) sebelum diadakan workshop guru hanya mendapatkan kategori nilai cukup artinya sebagian belum paham, setelah diadakan workshop dua kali pada tanggal 25 Februari dan 4 Maret 2019 terjadi peningkatan dalam pemahaman membuat Artikel Jurnal. dan (b) aktivitas guru dalam mengikuti workshop pembuatan Artikel Jurnal yang lengkap dan sistematis pada siklus kedua lebih baik daripada pada saat siklus kesatu. Berdasarkan hasil penelitian ini penulis merekomendasikan kepada Guru Binaan Bidang Studi di kabupaten Tulungagung agar mengoptimalkan perannya sebagai pendidik yang profesional dengan mengembangkan pembuatan Artikel Jurnal agar profesi keguruan dapat berkembang
 
Publisher Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
 
Date 2021-12-29
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jtpdm/article/view/230
 
Source Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah; Vol 1 No 2 (2021): Volume 1, Nomor 2, Desember 2021; 129-137
 
Language eng
 
Relation https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jtpdm/article/view/230/155
 
Rights Copyright (c) 2022 Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah