Penerapan Pembelajaran Direct Instructions dalam Upaya Meningkatkan Hasil belajar Biologi tentang Pemanasan Global Pada Siswa Kelas VII-C Semester 2 SMP Negeri 3 Kedungwaru Tulungagung
Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Penerapan Pembelajaran Direct Instructions dalam Upaya Meningkatkan Hasil belajar Biologi tentang Pemanasan Global Pada Siswa Kelas VII-C Semester 2 SMP Negeri 3 Kedungwaru Tulungagung
|
|
Creator |
Setyaningrum, Titik
|
|
Description |
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di Kelas VII-C pada waktu pembelajaran Biologi diperoleh hasil bahwa Hasil Belajar siswa kurang memuaskan, yaitu dari 35 siswa hanya 13 siswa yang nilainya dapat mencapai KKM atau ≥ 70, sedangkan 19 siswa lainnya masih belum dapat mencapai KKM atau ≤ 69. Hal ini disebabkan karena guru kurang memberikan penekanan materi yang jelas tentang Pemanasan Global tersebut, setelah memberikan tugas kepada siswa, guru meninggalkan ruangan, guru tidak menggunakan strategi, maupun metode yang dapat digunakan untuk mengembangkan kreatif siswa, serta masih banyak siswa yang bermain sendiri pada saat pembelajaran berlangsung. Untuk itu agar dapat meningkatkan Hasil Belajar siswa dalam menyelesaikan soal tentang Pemanasan Global serta untuk tercapainya tujuan pembelajaran perlu diadakan perbaikan pembelajaran dengan menerapkan Pembelajaran Direct Instructions. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa Kelas VII-C. Dalam penelitian ini peneliti sebagai guru (pengajar), guru kelas (mitra peneliti) sebagai observer proses pembelajaran Pemanasan Global. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Pembelajaran Direct Instructions untuk meningkatkan Hasil Belajar siswa pada materi Pemanasan Global siswa Kelas VII-C SMP Negeri 01 Boyolangu Tulungagung mempunyai kriteria keberhasilan baik. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan Hasil Belajar siswa berdasarkan nilai post test per siklus dengan nilai di atas KKM yaitu persentase pada siklus I 60,0% dan pada siklus II 88,6%. Simpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah bahwa penerapan pembelajaran Pemanasan Global melalui Pembelajaran Direct Instructions dapat meningkatkan Hasil Belajar siswa Kelas VII-C SMP Negeri 3 Kedungwaru Tulungagung dan dapat mempermudah siswa dalam menyelesaikan soal Pemanasan Global. Oleh karena itu guru menggunakan Pembelajaran Direct Instructions dalam pembelajaran Biologi pada materi Pemanasan Global agar Hasil Belajar siswa meningkat.
|
|
Publisher |
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
|
|
Date |
2021-09-30
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jtpdm/article/view/180
|
|
Source |
Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah; Vol 1 No 1 (2021): Volume 1, Nomor 1, September 2021; 115-121
|
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jtpdm/article/view/180/119
|
|
Rights |
Copyright (c) 2021 Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah
|
|