Penerapan Metode Discovery dalam Upaya Meningkatkan Prestasi belajar Biologi tentang Kelangsungan Hidup Makhluk Hidup Pada Siswa Kelas IX-C SMP Negeri 5 Tulungagung
Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Penerapan Metode Discovery dalam Upaya Meningkatkan Prestasi belajar Biologi tentang Kelangsungan Hidup Makhluk Hidup Pada Siswa Kelas IX-C SMP Negeri 5 Tulungagung
|
|
Creator |
Syamsuri, Ahmad
|
|
Description |
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di Kelas IX-C pada waktu pembelajaran Biologi diperoleh hasil bahwa Prestasi belajar siswa kurang memuaskan, yaitu dari 44 siswa hanya 16 siswa yang nilainya dapat mencapai KKM atau ≥ 70, sedangkan 28 siswa lainnya masih belum dapat mencapai KKM atau ≤ 69. Hal ini disebabkan karena guru kurang memberikan penekanan materi yang jelas tentang kelangsungan hidup makhluk hidup tersebut, setelah memberikan tugas kepada siswa, guru meninggalkan ruangan, guru tidak menggunakan strategi, maupun metode yang dapat digunakan untuk mengembangkan kreatif siswa, serta masih banyak siswa yang bermain sendiri pada saat pembelajaran berlangsung. Untuk itu agar dapat meningkatkan Prestasi belajar siswa dalam menyelesaikan soal tentang Kelangsungan hidup makhluk hidup serta untuk tercapainya tujuan pembelajaran perlu diadakan perbaikan pembelajaran dengan menerapkan Metode Discovery. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa Kelas IX-C. Dalam penelitian ini peneliti sebagai guru (pengajar), guru kelas (mitra peneliti) sebagai observer proses pembelajaran Kelangsungan hidup makhluk hidup. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Metode Discovery untuk meningkatkan Prestasi belajar siswa pada materi Kelangsungan hidup makhluk hidup siswa Kelas IX-C SMP Negeri 5 Tulungagung mempunyai kriteria keberhasilan baik. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan Prestasi belajar siswa berdasarkan nilai post test per siklus dengan nilai di atas KKM yaitu persentase pada siklus I 63,6% dan pada siklus II 86,4%. Simpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah bahwa penerapan pembelajaran Kelangsungan hidup makhluk hidup melalui Metode Discovery dapat meningkatkan Prestasi belajar siswa Kelas IX-C SMP Negeri 5 Tulungagung dan dapat mempermudah siswa dalam menyelesaikan soal Kelangsungan hidup makhluk hidup. Oleh karena itu guru menggunakan Metode Discovery dalam pembelajaran Biologi pada materi Kelangsungan hidup makhluk hidup agar Prestasi belajar siswa meningkat.
|
|
Publisher |
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
|
|
Date |
2021-09-30
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Identifier |
https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jtpdm/article/view/179
|
|
Source |
Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah; Vol 1 No 1 (2021): Volume 1, Nomor 1, September 2021; 109-114
|
|
Rights |
Copyright (c) 2021 Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah
|
|