Record Details

Penerapan Model Pembelajaran Role Playingdalam Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Matematika yang Memuat Teorema Phytagoras Pada Siswa Kelas VIII-H Semester 2 SMP Negeri 4 Tulungagung

Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Penerapan Model Pembelajaran Role Playingdalam Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Matematika yang Memuat Teorema Phytagoras Pada Siswa Kelas VIII-H Semester 2 SMP Negeri 4 Tulungagung
 
Creator Istrini, Istrini
 
Description Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di Kelas VIII-H pada waktu pembelajaran Matematika diperoleh hasil bahwa Prestasi belajar siswa kurang memuaskan, yaitu dari 36 siswa hanya 12 siswa yang nilainya dapat mencapai KKM atau ≥ 75, sedangkan 23 siswa lainnya masih belum dapat mencapai KKM atau ≤ 69. Hal ini disebabkan karena guru kurang memberikan penekanan materi yang jelas tentang Teorema Phytagoras tersebut, setelah memberikan tugas kepada siswa, guru meninggalkan ruangan, guru tidak menggunakan strategi, maupun Model Pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengembangkan kreatif siswa, serta masih banyak siswa yang bermain sendiri pada saat pembelajaran berlangsung. Untuk itu agar dapat meningkatkan Prestasi belajar siswa dalam menyelesaikan soal tentang Teorema Phytagoras serta untuk tercapainya tujuan pembelajaran perlu diadakan perbaikan pembelajaran dengan menerapkan Model Pembelajaran Role Playing. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa Kelas VIII-H. Dalam penelitian ini peneliti sebagai guru (pengajar), guru kelas (mitra peneliti) sebagai observer proses pembelajaran Teorema Phytagoras. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Role Playing untuk meningkatkan Prestasi belajar siswa pada materi Teorema Phytagoras siswa Kelas VIII-H  SMP Negeri 4 Tulungagung mempunyai kriteria keberhasilan baik. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan Prestasi belajar siswa berdasarkan nilai post test per siklus dengan nilai di atas KKM yaitu persentase pada siklus I 61,1% dan pada siklus II 91,7%. Simpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah bahwa penerapan pembelajaran Teorema Phytagoras melalui Model Pembelajaran Role Playing dapat meningkatkan Prestasi belajar siswa Kelas VIII-H  SMP Negeri 4 Tulungagung dan dapat mempermudah siswa dalam menyelesaikan persoalan Teorema Phytagoras. Oleh karena itu guru menggunakan Model Pembelajaran Role Playing dalam pembelajaran Matematika pada materi Teorema Phytagoras agar Prestasi belajar siswa meningkat.
 
Publisher Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
 
Date 2021-09-30
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jtpdm/article/view/178
 
Source Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah; Vol 1 No 1 (2021): Volume 1, Nomor 1, September 2021; 103-108
 
Language eng
 
Relation https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jtpdm/article/view/178/118
 
Rights Copyright (c) 2021 Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah