Tantangan Merdeka Belajar secara Daring Menggunakan Metode Resitasi di Masa Pandemi Covid19 Pada Siswa Kelas VIII-DSMP Negeri 4 Tulungagung Semester 2 Tahun Pelajaran 2020/2021
Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Tantangan Merdeka Belajar secara Daring Menggunakan Metode Resitasi di Masa Pandemi Covid19 Pada Siswa Kelas VIII-DSMP Negeri 4 Tulungagung Semester 2 Tahun Pelajaran 2020/2021
|
|
Creator |
Prayitno, Joko
|
|
Description |
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di Kelas VIII-D pada waktu pembelajaran Bahasa Jawa diperoleh hasil bahwa hasil belajar siswa kurang memuaskan, yaitu dari 35 siswa hanya 15 siswa yang nilainya dapat mencapai KKM atau ≥ 72, sedangkan 20 siswa lainnya masih belum dapat mencapai KKM atau ≤ 71. Hal ini disebabkan karena guru kurang memberikan penekanan materi yang jelas tentang Tembang Macapat tersebut, setelah memberikan tugas kepada siswa, guru meninggalkan kelas (Daring), guru tidak menggunakan strategi, metode maupun model pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengembangkan kreatif siswa, serta masih banyak siswa yang meninggalkan kelas (daring) atau tidak mengikuti pembelajaran pada saat pembelajaran berlangsung. Untuk itu agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kompetensi Tembang Macapat serta untuk tercapainya tujuan pembelajaran perlu diadakan perbaikan pembelajaran dengan menerapkan Pendekatan Resitasi secara Daring. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa Kelas VIII-D . Dalam penelitian ini peneliti sebagai guru (peng-ajar), guru mata pelajaran yang sama (mitra peneliti) sebagai observerproses pembelajaran Tembang Macapat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan Resitasi secara Daring untuk meningkatkan hasil belajar dan mengembangkan kreatif siswa pada materi Tembang Macapat siswa Kelas VIII-D SMP Negeri 4 Tulungagung mempunyai kriteria keberhasilan baik. Hal inidibuktikan dengan adanya Memaksimalkan Merdeka Belajar siswa berdasarkan nilai Post Test Online per siklus dengan nilai di atas KKM yaitu persentase pada siklus I 66,7% dan pada siklus II90,0%.Simpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah bahwa penerapan pembelajaran Tembang Macapat melalui Pendekatan Resitasi secara Daring dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal Tembang Macapat Kelas VIII-D SMP Negeri 4 Tulungagung. Oleh karena itu guru disarankan untuk menggunakan Pendekatan Resitasi secara Daring dalam pembelajaran Bahasa Jawa pada materi Tembang Macapat agar hasil belajar siswa meningkat.
|
|
Publisher |
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
|
|
Date |
2021-09-30
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jtpdm/article/view/177
|
|
Source |
Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah; Vol 1 No 1 (2021): Volume 1, Nomor 1, September 2021; 96-102
|
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jtpdm/article/view/177/117
|
|
Rights |
Copyright (c) 2021 Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah
|
|