Record Details

Upaya Peningkatan Motivasi Peserta Didik dan Hasil Belajar Bangun Ruang Sisi Lengkung Dengan Model Pembelajaran Discovery Learning, Pendekatan Pembelajaran Tipe Jigsaw dan Media Benda Asli Peserta Didik Kelas IX-K SMP Negeri 6 Tulungagung

Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Upaya Peningkatan Motivasi Peserta Didik dan Hasil Belajar Bangun Ruang Sisi Lengkung Dengan Model Pembelajaran Discovery Learning, Pendekatan Pembelajaran Tipe Jigsaw dan Media Benda Asli Peserta Didik Kelas IX-K SMP Negeri 6 Tulungagung
 
Creator Sugiharto, Sokhip
 
Description Penelitian ini berangkat dari latar belakang perlunya dilakukan  pembaharuan dalam peningkatan kreativitas mengajar guru dalam pengelolaan proses pembelajaran matematika pada materi bangun ruang sisi lengkung di Sekolah Menengah Pertama ( SMP) sebagai respon semakin melemahnya kualitas belajar peserta didik. Dalam kegiatan pembelajaran, materi pelajaran tidak kontekstual, dan  kinerja  peserta didik rendah, baik pada proses maupun produk belajarnya. Sebagian besar guru masihmelaksanakanpembelajarandenganpendekatanpembelajarantradisional. Keadaan tersebut berpotensial menimbulkan kejenuhan, kebosanan, serta menurunkan minat  dan motivasi belajar peserta didik.  Berdasarkan uraian permasalahan  di atas, melalui penelitian ini diharapkan guru mampu memainkan peran sebagai motivator dan inovator dalam pembelajaran. Peningkatan kreativitas mengajar guru dan  dukungan  media pembelajaran mutlak perludikembangkan.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mendapatkan data dan analisisnya melalui kajian-kajian reflektif, partisipatif, dan kolaboratif. Pengembangan program didasarkan data-data dan informasi dari peserta didik, guru dan setting sosial kelas secara alamiah melalui tiga tahapan siklus penelitian tindakan kelas.Hasil  belajar bangun ruang sisi lengkung peserta didik menunjukkan peningkatan dari rata-rata sebesar 53% pada siklus pertama menjadi 79% pada siklus kedua dan 80% pada siklus ketiga. Ketuntasan belajar peserta didik juga menunjukkan peningkatan dari 43% pada siklus pertama menjadi 87% pada siklus kedua dan 90% pada siklus ketiga dari  nilai kriteria ketuntasan minimal 70.
 
Publisher Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
 
Date 2021-09-30
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jtpdm/article/view/176
 
Source Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah; Vol 1 No 1 (2021): Volume 1, Nomor 1, September 2021; 90-95
 
Language eng
 
Relation https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jtpdm/article/view/176/116
 
Rights Copyright (c) 2021 Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah