Record Details

Peningkatan Pretasi Tolak Peluru Melalui Pembelajaran Permainan Bola Berekor Model Kolaborasi di SDN Randuputih I

Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Peningkatan Pretasi Tolak Peluru Melalui Pembelajaran Permainan Bola Berekor Model Kolaborasi di SDN Randuputih I
 
Creator Pujiarti, Tatik
 
Description Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan prestasi tolak peluru melalui pembelajaran permainan bola berekor  model kolaborasi bagi siswa kelas VI SD Negeri Randuputih I kecamatan Dringu kabupaten Probolinggo  Penelitian dilaksanakan selama 3 bulan yaitu bulan September 2017 sampai dengan bulan Nopember 2017 Penelitian dilakukan pada waktu itu karena materi yang berhubungan dengan permasalahan prestasi tolak peluru untuk siswa kelas VI SD Negeri Randuputih I Kecamatan Dringu Kabupaten Probolinggo  masuk materi program semester I tahun pelajaran 2017/2018.
       Adapun yang menjadi subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas VI  SD Negeri Randuputih I kecamatan Dringu kabupaten Probolinggo dengan jumlah siswa 22 yang terdiri dari 15 laki-laki dan 7 perempuan.
Prosedur penelitian yang digunakan yaitu prosedur jenis penelitian tindakan kelas terdiri dari 5 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.revisi Analisis data, data kualitatif hasil pengamatan proses pembelajaran dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan membandingkan siklus I dengan siklus II, sedangkan data yang berupa angka (data kuantitatif) dari hasil belajar tentang prestasi tolak peluru siswa dianalisis menggunakan deskriptif komparatif yaitu membandingkan nilai tes kondisi awal, nilai tes siklus I, dan nilai tes siklus II, kemudian direfleksi. Hasil penelitian, melalui penerapan pembelajaran permainan bola berekor  model kolaborasi motivasi prestasi tolak peluru bagi siswa kelas VI SD Negeri Randuputih I kecamatan Dringu kabupaten Probolinggo 2017/2018 meningkat dari siklus I ke siklus II terdapat peningkatan motivasi belajar siswa dalam proses melakukan latihan kekuatan dalam aspek yang diamati yaitu  keberanian dari kriteria cukup berani menjadi berani, aspek kedisiplinan dari kriteria cukup disiplin menjadi  disiplin, aspek kerjasama dari kriteria baik menjadi sangat baik, dan hasil belajar prestasi tolak peluru bagi siswa kelas VI SD Negeri Randuputih I kecamatan Dringu kabupaten Probolinggo 2017/2018 meningkat dari kondisi Siklus I dari 13 siswa (77,22%) dengan nilai rata rata 67,78 ke siklus II mengalami peningkatan yang mendapat nilai tuntas menjadi 16 siswa (88,89%) dengan nilai rata rata 69,44 dan siklus III meningkat menjadi 17 siswa (94,44%). dengan nilai rata-rata 70,00.
 
Publisher Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
 
Date 2021-09-30
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jtpdm/article/view/175
 
Source Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah; Vol 1 No 1 (2021): Volume 1, Nomor 1, September 2021; 84-89
 
Language eng
 
Relation https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jtpdm/article/view/175/115
 
Rights Copyright (c) 2021 Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah