Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Melalui Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Leaning) Model Jigsaw Pada Materi Kesetimbangan Larutan (Hidrolisis Garam dan Ksp) Siswa Kelas XI IPA-3 SMA Negeri 1 Karangrejo
Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Melalui Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Leaning) Model Jigsaw Pada Materi Kesetimbangan Larutan (Hidrolisis Garam dan Ksp) Siswa Kelas XI IPA-3 SMA Negeri 1 Karangrejo
|
|
Creator |
Winarsih, Lilik
|
|
Description |
Proses pembelajaran yang statis, monotoon dan tidak bervariasi cenderung membosankan dan kurang memberikan kesempatan pada para siswa untuk melakukan proses pembelajaran. Oleh karena itu peran guru untuk memilih metode pembelajaran yang tepat dan variatif sangat dibutuhkan agar siswa mampu berkembang secara optimal sehingga memiliki kompetensi yang dibutuhkan dalam kehidupannya. Pembelajaran kooperatif (Cooperative Leaning) Model Jigsaw merupakan salah satu alternatif pendekatan yang dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran. Berdasarkan uraian tersebut, peneliti berusaha meningkatkan hasil belajar dengan melakukan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Karangrejo Kabupaten Tulungagung pada Kelas XI IPA-3 Tahun Pelajaran 2014/2015 dengan mengungkapkan permasalahan apakah melalui metode pembelajaran Kooperatif (Cooperative Leaning) Model Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar kimia pada materi Hidrolisis Garam dan ksp; dan meningkatkan motivasi guru untuk memilih metode yang tepat untuk suatu proses pembelajaran. Penelitian Tindakan Kelas ini direncanakan terdiri dari 3 siklus, pada siklus I membahas tentang materi Hidrolisis Garam dan siklus II membahas tentang Ksp, sedangkan siklus III dilaksanakan evaluasi akhir. Adapun hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pada siklus I sebesar 71,03 dengan ketuntasan 65,63%, siklus II dengan nilai rata-rata 77,91 dengan ketuntasan 84,38%, pada evaluasi akhir diperoleh nilai rata-rata 75,5 dengan ketuntasan 93,75%. Dari hasil penelitian tersebut, kesimpulan yang dapat diambil adalah pemberian metode pembelajaran kooperatif (Cooperative Leaning) model jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar siswa; dapat meningkatkan keaktifan siswa dan pembelajaran berlangsung tidak monoton.
|
|
Publisher |
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
|
|
Date |
2021-09-30
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jtpdm/article/view/174
|
|
Source |
Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah; Vol 1 No 1 (2021): Volume 1, Nomor 1, September 2021; 81-83
|
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jtpdm/article/view/174/114
|
|
Rights |
Copyright (c) 2021 Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah
|
|