Record Details

Penerapan Metode Explicit Intruction untuk Meningkatan Keterampilan Menulis Descriptive Text Pada Siswa Kelas VII-G Semester 2 SMP Negeri 1 KedungwaruTahun Pelajaran 2019/2020

Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Penerapan Metode Explicit Intruction untuk Meningkatan Keterampilan Menulis Descriptive Text Pada Siswa Kelas VII-G Semester 2 SMP Negeri 1 KedungwaruTahun Pelajaran 2019/2020
 
Creator Istiyah, Padma Tri
 
Description Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di Kelas VII-G pada waktu pembelajaran Bahasa Inggris diperoleh hasil bahwa Ketrampilan menulis siswa kurang memuaskan,yaitu dari 38 siswa hanya 14 siswa yang nilainya dapat mencapai KKM atau ≥ 75, sedangkan 24siswa lainnya masih belum dapat mencapai KKM atau ≤ 69. Hal ini disebabkan karena guru kurang memberikan penekanan materi yang jelas tentang menulis Descriptive Text tersebut, setelah memberikan tugas kepada siswa, guru meninggalkan ruangan, guru tidak menggunakan strategi, metode maupun model pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengembangkan kreatif siswa, serta masih banyak siswa yang bermain sendiri pada saat pembelajaran berlangsung. Untuk itu agar dapat meningkatkan Ketrampilan menulis siswa dalam menyelesaikan soal tentang Menulis Descriptive Text serta untuk tercapainya tujuan pembelajaran perlu diadakan perbaikan pembelajaran dengan menerapkan Pendekatan Metode Explicit Intruction.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa Kelas VII-G. Dalam penelitian ini peneliti sebagai guru (peng-ajar), guru kelas (mitra peniliti) sebagai observerproses pembelajaran Menulis Descriptive Text. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan Metode Explicit Intruction untuk meningkatkan Ketrampilan menulis dan mengembangkan kreatif siswa pada materi Menulis Descriptive Text siswa Kelas VII-G SMP Negeri 1 Kedungwarumempunyai kriteria keberhasilan baik. Hal inidibuktikan dengan adanya peningkatan Ketrampilan menulis siswa berdasarkan nilai post test per siklus dengan nilai di atas KKM yaitu persentase pada siklus I 68,4% dan pada siklus II92,1%.Simpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah bahwa penerapan pembelajaran Menulis Descriptive Text melalui Pendekatan Metode Explicit Intruction dapat meningkatkan Ketrampilan menulis siswa dalam menyelesaikan soal Menulis Descriptive Text Kelas VII-G SMP Negeri 1 Kedungwaru. Oleh karena itu guru disarankan untuk menggunakan Pendekatan Metode Explicit Intructiondalam pembelajaran Bahasa Inggris pada materi Menulis Descriptive Text agar Ketrampilan menulis siswa meningkat.
 
Publisher Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
 
Date 2021-09-30
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jtpdm/article/view/173
 
Source Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah; Vol 1 No 1 (2021): Volume 1, Nomor 1, September 2021; 74-80
 
Language eng
 
Relation https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jtpdm/article/view/173/113
 
Rights Copyright (c) 2021 Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah